kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,33   11,54   1.30%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdana Menteri Baru Singapura Akan Dilantik pada 15 Mei 2024


Senin, 15 April 2024 / 18:20 WIB
Perdana Menteri Baru Singapura Akan Dilantik pada 15 Mei 2024
ILUSTRASI. Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong mengambil alih sebagai PM Singapura pada 15 Mei. Action Images via Reuters/File Photo


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Tanggal serah terima kepemimpinan Singapura telah ditetapkan: Lawrence Wong akan resmi menjadi Perdana Menteri pada tanggal 15 Mei, mengambil alih kendali dari Lee Hsien Loong.

Kantor Perdana Menteri mengeluarkan pernyataan pers pada hari Senin (15 April) yang mengumumkan transisi:
 
“Perdana Menteri Lee Hsien Loong akan melepaskan jabatannya pada tanggal 15 Mei 2024. Dia akan secara resmi menyarankan Presiden untuk menunjuk Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Mr Lawrence Wong untuk menggantikannya.

“DPM Wong mendapat dukungan bulat dari anggota parlemen Partai Aksi Rakyat (PAP).

"Perdana Menteri baru akan dilantik pada pukul 8.00 malam tanggal 15 Mei 2024 di Istana."

Baca Juga: PM Singapura Lee Hsien Loong akan Menyerahkan Kekuasaan ke Lawrence Wong Pada 15 Mei

Wong, 51 tahun, yang menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan saat ini, ditunjuk dua tahun lalu sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) PAP yang berkuasa, yang secara efektif menempatkannya di jalur yang tepat untuk menjadi pemimpin berikutnya sebagai Perdana Menteri.

Hal ini terjadi setelah Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat, yang sebelumnya ditunjuk sebagai pemimpin 4G, mengundurkan diri pada bulan April 2021, dengan alasan usianya dan kurangnya “landasan pacu” yang tepat untuk jabatan puncak tersebut. Heng berusia 63 tahun ini.

Waktu serah terima pertama kali diusulkan pada akhir tahun lalu, ketika Lee mengatakan dia akan menyerahkan tongkat estafet kepada Wong sebelum Pemilihan Umum berikutnya, yang harus diadakan pada November 2025.

Saat membuat pengumuman di depan anggota partai pada konvensi PAP, Lee juga mengatakan bahwa jika semuanya berjalan baik, transisi akan dilakukan pada ulang tahun PAP yang ke-70 pada 21 November tahun ini.

IMPIAN RAKYAT SEBAGAI INSPIRASI: WAKIL PM WONG 

Dalam video yang berdurasi sekitar satu setengah menit, Wong meminta warga Singapura untuk bekerja sama dengan beliau. Katanya, 'Impian Anda akan menginspirasi tindakan saya'. 

“Setiap energi saya akan dicurahkan untuk melayani negara dan rakyat kita,” kata Wong pada Senin (15 April) tidak lama setelah pengumuman tanggal serah terima kepemimpinan.

Kata Wong ketika dirinya diundang untuk terjun ke dunia politik pada usia akhir tiga puluhan, dia tidak menyangka suatu hari nanti dia akan diminta menjadi Perdana Menteri berikutnya.

“Saya setuju (pada tahun 2011) karena saya ingin berkontribusi pada sejarah Singapura,” kata Wong, yang kini berusia 51 tahun.

Wong akan menjadi Perdana Menteri Singapura keempat. Dua tahun lalu, dia ditunjuk sebagai pemimpin tim generasi keempat PAP yang berkuasa.

“Saya menerima tanggung jawab ini dengan kerendahan hati dan rasa tanggung jawab yang mendalam. Saya berjanji untuk memberikan segalanya dalam upaya ini,” tambahnya. 

Dia meminta warga Singapura untuk berbagi ide, semangat, dan impian mereka, serta bekerja sama dengan timnya dalam perjalanan ke depan.

Baca Juga: Indonesia Sambut Rencana Kunjungan Paus Fransiskus pada September 2024

“Bersama-sama kita dapat membangun masa depan yang cerah bagi seluruh warga Singapura,” katanya.

Ia meminta kepercayaan, dukungan, dan keyakinan warga Singapura dalam mewujudkan visi bersama negara.

“Sebagai satu kesatuan bangsa tanpa membedakan ras, bahasa atau agama, kita akan membangun masyarakat demokratis berdasarkan keadilan dan kesetaraan,” kata Wong.

“Mari kita maju sebagai satu Tim Singapura dan bersama-sama menulis bab berikutnya dari kisah Singapura kita.”

Perdana Menteri Lee sebelumnya telah mengindikasikan niatnya untuk mengundurkan diri sebelum ulang tahunnya yang ke-70 pada bulan Februari 2022, namun rencana ini dibatalkan oleh pandemi COVID-19.

Wong akan menjadi Perdana Menteri keempat Singapura, mengikuti jejak Lee Hsien Loong, yang mulai menjabat pada tahun 2004 pada usia 52 tahun; Goh Chok Tong (1990) dan Lee Kuan Yew (1959). Goh berusia 49 tahun ketika dia menjadi Perdana Menteri sementara Lee Kuan Yew berusia 35 tahun ketika dia dilantik.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×