kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.529.000   14.000   0,92%
  • USD/IDR 15.645   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.695   -21,89   -0,28%
  • KOMPAS100 1.190   -4,72   -0,40%
  • LQ45 943   -3,92   -0,41%
  • ISSI 232   -0,82   -0,35%
  • IDX30 487   -1,75   -0,36%
  • IDXHIDIV20 582   -0,48   -0,08%
  • IDX80 135   -0,70   -0,51%
  • IDXV30 141   -1,10   -0,77%
  • IDXQ30 161   -0,50   -0,31%

Persaingan Ketat Nvidia dan Apple Sebagai Perusahaan Paling Bernilai Sedunia


Sabtu, 26 Oktober 2024 / 05:59 WIB
Persaingan Ketat Nvidia dan Apple Sebagai Perusahaan Paling Bernilai Sedunia
ILUSTRASI. Apple Inc masih menjadi perusahaan paling bernilai di dunia. Namun, posisi Apple sempat tergeser oleh Nvidia pada Jumat (25/10),


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Apple Inc masih menjadi perusahaan paling bernilai di dunia. Namun, posisi Apple sempat tergeser oleh Nvidia pada Jumat (25/10), setelah setelah saham Nvidia sempat naik dan memecahkan rekor tertinggi.

Harga saham Nvidia menguat didorong permintaan untuk chip kecerdasan buatannya. Nilai pasar saham Nvidia sempat menyentuh US$ 3,53 triliun, sedikit di atas Apple yang sebesar US$ 3,52 triliun, menurut data LSEG.

Harga saham Nvidia akhirnya ditutup dengan kenaikan 0,8%, dengan nilai pasar sebesar US$ 3,47 triliun. Sementara saham Apple naik 0,4%, sehingga membuat pembuat iPhone tersebut bernilai US$ 3,52 triliun.

Pada bulan Juni, Nvidia sempat menjadi perusahaan paling bernilai di dunia sebelum disusul oleh Microsoft dan Apple. Kapitalisasi pasar trio teknologi ini telah bersaing ketat selama beberapa bulan.

Nilai pasar Microsoft mencapai US$ 3,18 triliun, dengan sahamnya naik 0,8%.

Baca Juga: TSMC Memutus Hubungan Klien yang Diam-diam Menyalurkan Chip ke Huawei

Nvidia, pembuat chip Silicon Valley tersebut merupakan pemasok utama prosesor yang digunakan dalam komputasi AI, dan perusahaan tersebut telah menjadi pemenang terbesar dalam persaingan antara Microsoft, Alphabet, Meta Platforms, dan perusahaan besar lainnya untuk mendominasi teknologi yang sedang berkembang.

Dikenal sejak tahun 1990-an sebagai perancang prosesor untuk gim video, saham Nvidia telah naik sekitar 18% sejauh ini pada bulan Oktober, dengan serangkaian keuntungan yang terjadi setelah OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, mengumumkan putaran pendanaan sebesar $6,6 miliar.

Nvidia dan saham semikonduktor lainnya terangkat pada hari Jumat setelah pembuat penyimpanan data Western Digital melaporkan laba kuartalan yang mengalahkan estimasi analis, meningkatkan optimisme tentang permintaan pusat data.

"Lebih banyak perusahaan sekarang menggunakan kecerdasan buatan dalam tugas sehari-hari mereka dan permintaan tetap kuat untuk chip Nvidia," kata Russ Mould, direktur investasi di AJ Bell seperti dikutip Reuters.

"Ini tentu saja dalam posisi yang menguntungkan dan selama kita menghindari penurunan ekonomi besar di Amerika Serikat, ada perasaan bahwa perusahaan akan terus berinvestasi besar dalam kemampuan AI, menciptakan angin segar bagi Nvidia," imbuhnya

Saham Nvidia mencapai rekor tertinggi pada hari Selasa, melanjutkan reli dari minggu lalu ketika TSMC, pembuat chip kontrak terbesar di dunia, membukukan lonjakan laba kuartalan sebesar 54% yang melampaui perkiraan yang didorong oleh melonjaknya permintaan chip yang digunakan dalam AI.

Sementara itu, Apple berjuang dengan permintaan yang lesu untuk telepon pintarnya. Penjualan iPhone di Tiongkok turun 0,3% pada kuartal ketiga, sementara penjualan ponsel yang dibuat oleh pesaingnya Huawei melonjak 42%.

Dengan Apple yang akan melaporkan hasil kuartalannya pada hari Kamis, analis rata-rata melihat pendapatannya naik 5,55% dari tahun ke tahun menjadi US$ 94,5 miliar, data LSEG menunjukkan.

Itu dibandingkan dengan proyeksi analis untuk Nvidia tentang pertumbuhan pendapatan hampir 82% menjadi US$ 32,9 miliar.

Saham Nvidia, Apple, dan Microsoft memiliki pengaruh yang sangat besar pada sektor teknologi yang dinilai tinggi serta pasar saham AS yang lebih luas, dengan ketiganya menyumbang sekitar seperlima dari bobot indeks S&P 500.

Optimisme tentang prospek AI, ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menurunkan suku bunga AS secara signifikan, dan yang terbaru, awal yang optimis untuk musim pendapatan, membantu mengangkat indeks acuan S&P 500 ke titik tertinggi sepanjang masa minggu lalu.

Keuntungan besar Nvidia telah membantu meningkatkan daya tarik saham bagi pedagang opsi dan opsi perusahaan tersebut termasuk yang paling banyak diperdagangkan pada hari tertentu dalam beberapa bulan terakhir, menurut data dari penyedia analisis opsi Trade Alert.

Baca Juga: Gaji CEO Microsoft Satya Nadella Naik Menjadi Hampir US$80 Juta untuk Tahun 2024

Saham tersebut telah melonjak hampir 190% sepanjang tahun ini karena ledakan AI generatif menyebabkan serangkaian perkiraan yang mengejutkan dari Nvidia.

"Pertanyaannya adalah apakah aliran pendapatan akan bertahan lama dan akan didorong oleh emosi investor, bukan oleh kemampuan untuk membuktikan atau membantah tesis bahwa AI sudah berlebihan," kata Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments, kantor investasi keluarga di New Vernon, New Jersey.

"Saya pikir Nvidia tahu bahwa dalam waktu dekat, angka-angka mereka kemungkinan akan sangat luar biasa," kata Meckler lagi.

Selanjutnya: Redeem Langsung Gift Code Ojol The Game 26 Oktober 2024 Berikut Ini

Menarik Dibaca: Redeem Langsung Gift Code Ojol The Game 26 Oktober 2024 Berikut Ini



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×