kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertama kali sejak kudeta, Aung San Suu Kyi muncul di pengadilan Myanmar


Selasa, 02 Maret 2021 / 06:19 WIB
Pertama kali sejak kudeta, Aung San Suu Kyi muncul di pengadilan Myanmar
ILUSTRASI. Untuk pertama kalinya sejak dia ditahan dalam kudeta militer, Aung San Suu Kyi muncul di pengadilan melalui tautan video. REUTERS/Stringer


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - YANGON. Untuk pertama kalinya sejak dia ditahan dalam kudeta militer, Aung San Suu Kyi muncul di pengadilan melalui tautan video.

Melansir BBC, pemimpin Myanmar yang digulingkan itu tampak berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Menurut pengacaranya, Aung San Suu Kyi meminta untuk bertemu dengan tim kuasa hukumnya.

Dua dakwaan baru diumumkan terhadap Suu Kyi, yang ditangkap setelah kudeta 1 Februari.

Sementara itu, pengunjuk rasa masih turun ke jalan meskipun terjadi hari paling mematikan dengan 18 orang tewas pada Minggu (28/2/2021).

Kematian itu terjadi ketika militer dan polisi meningkatkan tanggapan mereka terhadap demonstrasi selama akhir pekan, dengan menembaki kerumunan.

Baca Juga: Hari terkelam sejak kudeta, 18 pengunjuk rasa tewas di Myanmar

Militer Myanmar mengatakan, mereka merebut kekuasaan karena dugaan kecurangan dalam pemilihan umum November, yang membuat NLD menang telak.

Namun, pihak militer tidak memberikan bukti atas tuduhan ini. Sebaliknya, militer telah mengganti Komisi Pemilihan dan menjanjikan pemungutan suara baru dalam satu tahun.

Keberadaan Suu Kyi

Suu Kyi, 75 tahun, ditangkap ketika kudeta dimulai. Dia tidak terlihat di depan umum sampai sidang yang berlangsung Senin (1/3/2021) kemarin. Suu Kyi muncul dalam tautan video di pengadilan di ibu kota, Nay Pyi Taw.

Tidak jelas di mana dia ditahan selama sebulan terakhir. Mengutip BBC, beberapa laporan menunjukkan dia ditahan di rumahnya di Nay Pyi Taw sebelum dipindahkan ke lokasi yang dirahasiakan.

Baca Juga: Facebook larang militer Myanmar gunakan platform mereka, ini alasannya




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×