kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pertumbuhan lapangan kerja melonjak, tingkat pengangguran AS turun jadi 3,6% di April


Jumat, 03 Mei 2019 / 20:01 WIB

Pertumbuhan lapangan kerja melonjak, tingkat pengangguran AS turun jadi 3,6% di April

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertumbuhan pekerjaan di Amerika Serikat melonjak pada April dan tingkat pengangguran turun ke level terendah lebih dari 49 tahun di 3,6%. Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang solid.

Namun, laporan ketenagakerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Jumat (3/5) menunjukkan kenaikan upah stabil pada bulan lalu, konsisten dengan inflasi moderat.


Mengutip Reuters, Jumat (3/5) penurunan tingkat pengangguran adalah karena orang meninggalkan angkatan kerja, menunjukkan beberapa kelonggaran di pasar tenaga kerja tetap ada.

Laporan ini mendukung keputusan Federal Reserve pada Rabu untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah dan menandakan sedikit niat untuk menyesuaikan kebijakan moneter dalam waktu dekat.

Gubernur The Fed Jerome Powell menggambarkan ekonomi dan pertumbuhan pekerjaan sebagai "sedikit lebih kuat dari yang kami perkirakan dan inflasi agak lemah."

Nonfarm payrolls meningkat 263.000 pekerjaan pada bulan lalu. Data untuk Februari dan Maret direvisi untuk menunjukkan 16.000 lebih banyak pekerjaan yang tersedia dari yang dilaporkan sebelumnya.

Pertumbuhan pekerjaan jauh di atas sekitar 100.000 yang dibutuhkan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Pertumbuhan lapangan kerja yang kuat dalam dua bulan berturut-turut adalah bukti lebih lanjut bahwa peningkatan pekerjaan di bulan Februari yang hanya 56.000 adalah penyimpangan. Ini juga secara efektif mengurangi kekhawatiran tentang resesi dan mengurangi harapan penurunan suku bunga tahun ini.

Penghasilan per jam rata-rata naik enam sen, atau 0,2% pada April, dan membuat upah tahunan naik 3,2%.


Reporter: Herlina KD
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×