CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pertumbuhan Pabrik Korea Selatan Melambat Karena Pesanan Ekspor Menyusut


Jumat, 01 April 2022 / 12:44 WIB
Pertumbuhan Pabrik Korea Selatan Melambat Karena Pesanan Ekspor Menyusut
ILUSTRASI. Aktivitas pabrik Korea Selatan melambat pada Maret, karena kejatuhan ekonomi dari perang Ukraina menambah ketegangan.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Aktivitas pabrik Korea Selatan melambat pada Maret, karena kejatuhan ekonomi dari perang Ukraina menambah ketegangan bagi perusahaan-perusahaan yang sudah berjuang dengan gangguan rantai pasokan dan tekanan inflasi.

Indeks manajer pembelian (PMI) Markit turun menjadi 51,2 di bulan Maret dari 53,8 di bulan Februari. Indeks manufaktur berada di atas ambang batas 50 yang menunjukkan ekspansi dalam aktivitas. Ini adalah ekspansi bulan ke-18 berturut-turut, meskipun merupakan posisi terendah dalam empat bulan.

"Produsen Korea Selatan melaporkan bahwa kenaikan harga yang tajam dan gangguan rantai pasokan yang berkelanjutan telah menghambat produksi dan permintaan pada akhir kuartal pertama tahun ini," kata Usamah Bhatti, seorang ekonom di S&P Global dikutip dari Reuters, Jumat (1/4).

Baca Juga: Muncul Fenomena Perjalanan Balas Dendam di Korea Selatan, Apa Maksudnya?

Usamah menambahkan bahwa perusahaan manufaktur mencatat dampak sanksi ekonomi terhadap Rusia dan perang dengan Ukraina terhadap permintaan internasional, dengan penjualan ekspor baru turun pada laju tercepat sejak pertengahan 2020.

Pesanan ekspor baru kembali berkontraksi dalam tiga bulan dan mencatat penurunan paling tajam sejak Juli 2020. Responden tertekan oleh harga bahan baku yang lebih tinggi dan invasi Rusia ke Ukraina. Secara keseluruhan pesanan baru hampir tidak tumbuh dengan sub-indeks berdiri di 50,4.

Namun, perusahaan tetap optimistis bahwa tekanan harga dan ketidakseimbangan pasokan akan mereda dalam setahun ke depan dan meningkatkan permintaan di dalam dan dari luar negeri.

Baca Juga: Aktivitas Pabrik di Jepang Meningkat Seiring Meredanya Kasus Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×