kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan Pekerjaan AS Solid Pada September, Tingkat Pengangguran Turun Jadi 3,5%


Jumat, 07 Oktober 2022 / 20:48 WIB
Pertumbuhan Pekerjaan AS Solid Pada September, Tingkat Pengangguran Turun Jadi 3,5%
ILUSTRASI. Data tingkat pengangguran AS turun menjadi 3,5% pada September.REUTERS/Brian Snyder


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pengusaha Amerika Serikat mempekerjakan lebih banyak pekerja dari yang diperkirakan pada September. Sementara itu, data tingkat pengangguran turun menjadi 3,5%, merujuk ke pasar tenaga kerja yang ketat yang membuat Federal Reserve menyerukan pengetatan kebijakan moneter secara agresif.

Mengutip Reuters, Jumat (7/10), data Departeme Tenaga Kerja menunjukkan nonfarm payrolls meningkat 263.000 pekerjaan pada bulan lalu. Data untuk Agustus tidak direvisi, sehingga tetap mencatat 315.000 pekerjaan.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 250.000 kenaikan pekerjaan, dengan perkiraan mulai dari serendah 127.000 hingga setinggi 375.000.

Baca Juga: Pasar Saham Asia Jatuh Jelang Pengumuman Data Tenaga Kerja AS, Jumat (7/10)

Tingkat pengangguran berada di 3,7% pada bulan Agustus.

Dengan pasar tenaga kerja yang masih ketat, kenaikan upah tetap solid. Penghasilan per jam rata-rata meningkat 0,3% setelah kenaikan serupa di bulan Agustus. Itu menurunkan kenaikan upah tahunan menjadi 5,0% dari 5,2% pada Agustus. 

Pelacak upah Fed Atlanta, yang mengontrol efek komposisi seperti tingkat keterampilan, pekerjaan, dan geografi, berjalan di atas 6%.

Pasar tenaga kerja sebagian besar tahan terhadap biaya pinjaman yang lebih tinggi dan kondisi keuangan yang lebih ketat. Ekonom mengatakan bisnis enggan memberhentikan pekerja menyusul kesulitan perekrutan pada tahun lalu karena pandemi COVID-19 memaksa beberapa orang keluar dari angkatan kerja, sebagian karena penyakit berkepanjangan yang disebabkan oleh virus.

Sementara data pemerintah minggu ini menunjukkan lowongan pekerjaan turun 1,1 juta, penurunan terbesar sejak April 2020, menjadi 10,1 juta pada hari terakhir Agustus, masih ada 4 juta lowongan lebih banyak daripada orang Amerika yang menganggur. 

Survei Institute for Supply Management pada hari Rabu juga menunjukkan beberapa industri jasa melaporkan kekurangan tenaga kerja pada bulan September.

Tetapi dengan tantangan dari biaya pinjaman yang lebih tinggi dan permintaan yang melambat, para ekonom memperkirakan perusahaan akan secara signifikan menarik kembali perekrutan, dengan kemungkinan gaji negatif tahun depan. 

Ekonom mengatakan bisnis telah mengisi kembali posisi terbuka karena mereka berjuang untuk memperluas jumlah karyawan agar sesuai dengan peningkatan permintaan untuk produk mereka, meningkatkan perolehan pekerjaan.

Baca Juga: Wall Street Tumbang Saat Data Ketenagakerjaan AS Menguat

Bank sentral AS telah menaikkan suku bunga kebijakannya dari mendekati nol pada awal tahun ini ke kisaran saat ini dari 3,00% menjadi 3,25%, dan bulan lalu mengisyaratkan peningkatan yang lebih besar akan dilakukan tahun ini.

Laporan harga konsumen September Kamis depan juga akan membantu pembuat kebijakan untuk menilai kemajuan mereka dalam pertempuran melawan inflasi menjelang pertemuan kebijakan 1-2 November mereka.

Pasar keuangan hampir memperkirakan kenaikan suku bunga 75 basis poin keempat pada pertemuan itu, menurut Alat FedWatch CME.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×