kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Brunei Umumkan Rencana Bangun Kereta Cepat Lintasi IKN & Malaysia


Kamis, 04 April 2024 / 05:36 WIB
Perusahaan Brunei Umumkan Rencana Bangun Kereta Cepat Lintasi IKN & Malaysia
ILUSTRASI. Perusahaan Brunei mengumumkan proposal pembangunan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Pulau Kalimantan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah perusahaan infrastruktur yang berbasis di Brunei Darussalam mengumumkan proposal pembangunan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Pulau Kalimantan. 

Pembangunan transportasi ini rencananya akan menghubungkan Brunei dengan dua negara tetangga, Malaysia dan Indonesia, termasuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Brunergy Utama, perusahaan minyak dan gas yang kini beralih ke infrastruktur, meluncurkan proyek tersebut pada akhir Maret 2024. 

Diberitakan Nikkei Asia, Senin (1/4/2024), perusahaan mengumumkan, Kereta Api Trans-Borneo akan membentang sepanjang 1.620 kilometer dari sisi barat ke sisi timur Kalimantan, melintasi tiga negara Asia Tenggara. 

Tahap pertama disebut menghubungkan Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, dengan Kuching dan Kota Kinabalu, ibu kota negara bagian Sarawak dan Sabah di Malaysia, serta Distrik Tutong di Brunei dan wilayah barat di pantai utara Kalimantan. 

Tahap kedua berlanjut ke arah selatan, menghubungkan Tutong dengan Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, termasuk Samarinda dan Balikpapan. 

"Dan nantinya akan menjadi ibu kota Indonesia di masa depan, Nusantara," kata perusahaan tersebut. 

Baca Juga: Perhatian, Ini Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Periode Libur Lebaran 2024

Masih menurut rencana Brunergy Utama, akan ada empat terminal yang berfungsi sebagai jaringan utama kereta berkecepatan tinggi bersama dengan total 24 stasiun. 

Sesuai usulan, kereta api cepat tersebut direncanakan melaju dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam, dengan perkiraan biaya sekitar 70 miliar dollar AS.

Kereta Trans-Kalimantan berupa usulan 

Sayangnya, prospek proyek ini termasuk partisipasi dari Malaysia dan Indonesia hingga kini masih belum jelas. 

Menteri Komunikasi dan Transportasi Brunei, Shamhary Mustapha mengungkapkan, usulan pembangunan kereta yang melintasi semua kawasan Kalimantan belum dibahas secara resmi di tingkat pemerintah. 

Seorang pejabat pemerintah daerah di Kalimantan Utara mengatakan kepada Nikkei Asia, beberapa diskusi telah dilakukan mengenai proyek kereta cepat dengan Brunei. 

Kendati demikian, Indonesia hingga saat ini belum berkomitmen terhadap keputusan apa pun. 

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (2/4/2024), Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal mengatakan, proyek tersebut baru berupa usulan. 

Bahkan, perusahaan Brunergy Utama belum membuka pembicaraan dengan pemerintah Indonesia sampai saat ini.

Baca Juga: Stasiun Kereta Cepat di Karawang Belum Beroperasi, Berisiko Timbulkan Beban Tambahan

"Belum ada omongan ke kita. Tahu-tahu dia ngeluarin saja ke Kalimantan. Trasenya belum tahu, belum ada omongan sedikit pun," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa. 

Namun, Risal menyebut, proyek Kereta Api Trans-Borneo memungkinkan untuk direalisasikan asal ada investor yang bersedia membiayai pembangunannya. 

Pasalnya, belum ada kajian mengenai proyek ini, baik dari sisi perkiraan permintaan (forecast demand), trase, hingga studi kelayakan (feasibility study/FS). 

"Kalau mungkin sih mungkin aja ya, tinggal siapa yang membiayai. Ini belum ada apa-apa. Itu masih cek ombak saja, enggak perlu kita bahas. Yang ada baru kereta di IKN, kereta bandara ke IKN, KA angkutan barang di Kalimantan," ucapnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×