kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan global mulai gencar lakukan investasi


Selasa, 01 September 2020 / 17:21 WIB
Perusahaan global mulai gencar lakukan investasi


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Perusahaan global mulai gencar melakukan ekspansi di semester kedua tahun tahun ini setelah di paruh pertama cenderung lesu akibat pandemi Covid-19. 

Perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, GIC, bersama dengan sekelompok investor termasuk Brookfield Infrastrukture Partner LP dari Kanada telah mengakuisisi perusahaan menara telekomunikasi unit bisnis Reliance Industries senilai US$ 3,4 miliar. 

Dalam keterangan resminya yang dikutip Reuters, Selasa (1/9), GIC mengatakan, akuisisi itu mencakup 135.000 menara telekomunikasi yang digunkan oleh perusahaan Reliance Jio Infocimm Limited untuk mengoperasikan jaringan seluler di seluruh wilayah India. 

Baca Juga: Wall Street koreksi, indeks S&P 500 catat kenaikan Agustus tertinggi sejak 1986

Selain itu, kesepakatan akuisisi juga diraih oleh Clayton Dubiler & Rice (CD&R). Perusahaan ini akan membeli perusahaan pembuat perangkat lunak bisnis Epicor Software Corp dari perusahaan ekuitas swasta KKR & Co Inc.

Kesepakatan akuisisi tersebut mencapai US$ 4,7 miliar. Epicor adalah perusahaan penyedia perangkat lunak aplikasi untuk pengecer, distributor, dan produsen skala menengah.

Akuisisi Epicor ini merupakan salah satu transaksi terbesar di sektornya yang terjadi di AS sepanjang tahun ini. Namun, bagi CD&R, akuisisi ini merupakan investais kesembilan yang dilakukan perusahaan sejak Maret lalu. 

Perusahaan seperti Epicor yang menghasilkan pendapatan berulang melalui penjualan perangkat lunak bisnis telah menjadi target populer untuk perusahaan ekuitas swasta.

Partner operasi CD&R yakni Jeff Hawn akan menjadi ketua dewan Epicor setelah kesepakatan ditutup tahun ini. Hawn sudah pernah memimpin perusahaan perangkat lunak seperti Quest Software dan Vertafore sebelum bergabung dengan CD&R.

Sumber Reuters yang mengetahui transaksi ini mengatakan, CD&R menilai Epicor cukup kuat dalam menghadapi kemerosotan ekonomi karena basis pelanggannya jangka panjang dan memiliki pendapatan berulang.  Perusahaan yang jadi portofolio CD&R selama ini rupanya juga pelanggan Epicor.

Baca Juga: Harga minyak mentah bullish, Brent menuju penguatan bulan kelima berturut-turut

Ia menambahkan, CD&R juga erencana untuk memperluas Epicor dengan membangun produk berbasis cloud dengan model perangkat lunak sebagai layanan, serta mengakuisisi perusahaan lain di sektor ini.

KKR mengakuisisi Epicor dari Apax Partners pada tahun 2016 senilai $ 3,3 miliar, termasuk mengambil alih utangnya.  Perusahaan ekuitas swasta telah menjajaki penjualan Epicor sejak tahun lalu.




TERBARU

[X]
×