kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan pengembang China yang tertekan berjuang untuk menjual miliaran aset


Rabu, 03 November 2021 / 16:16 WIB
Perusahaan pengembang China yang tertekan berjuang untuk menjual miliaran aset
ILUSTRASI. Pemandangan gedung bertingkat di Suzhou, Cina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pd/18


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Krisis keuangan Evergrande telah melemahkan kepercayaan masyarakat terhadap industri real estat, yang diperkirakan menyumbang hampir seperempat dari produk domestik bruto (PDB). 

Dilansir dari Bloomberg, kekhawatiran tentang krisis keuangan telah menyebar ke seluruh industri, dengan setidaknya empat pengembang gagal membayar obligasi dolar AS bulan lalu. Tahun ini, obligasi luar negeri yang gagal bayar oleh peminjam China melebihi US$ 9 miliar, di mana sepertiganya adalah perusahaan real estate.

Penurunan harga rumah dan penurunan penjualan tanah semakin memperumit penjualan aset. Pada bulan September, harga perumahan turun untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam tahun, dan tingkat kavling yang tidak terjual melonjak ke level tertinggi setidaknya sejak 2018.

Area penjualan rumah baru untuk 100 pengembang teratas nasional turun 32% dari Oktober. Perusahaan mengatakan bahwa menurut data dari China Real Estate Information Corporation, penjualan tahun lalu mungkin terus melambat untuk sisa tahun ini.

Penurunan di pasar real estat kemungkinan akan semakin mengikis nilai potensial proyek real estat yang disediakan oleh perusahaan seperti Evergrande. Evergrande juga berusaha untuk menjual saham tambahan dalam bisnis kendaraan listriknya untuk membiayai kewajiban lebih dari US$ 300 miliar. Pengembang yang bermasalah juga dapat menjual lebih banyak bisnis internet HengTen atau platform penjualan online FCB Group.

Ketika ditanya tentang potensi transaksi dengan Evergrande, Ketua Vanke Yu Liang mengatakan kepada media pemerintah Securities Times, bahwa musim dingin telah tiba, dan semua orang merasa kedinginan. "Sebelum membantu orang lain, pertama-tama kita harus memastikan keselamatan kita sendiri," katanya, dilansir dari Bloomberg, Rabu (3/11).

Baca Juga: Perusahaan properti asal China, Modern Land mengalami default, saham properti turun

Pengembang real estat China berharap untuk mengumpulkan uang tunai yang sangat dibutuhkan dengan menjual aset, tetapi setelah jatuhnya penjualan rumah dan peningkatan tindakan keras pinjaman Beijing, pembeli potensial di industri menimbun dana, sehingga sulit untuk mencapai kesepakatan.

China Evergrande Group mengakhiri diskusi tentang penjualan saham pengendali dalam bisnis manajemen propertinya bulan lalu, yang dapat mengumpulkan sekitar US$ 2,6 miliar. Menurut laporan Cailian, rencana untuk menghancurkan gedung perkantoran piala di Hong Kong juga gagal, dan Modern Land China Co gagal membayar obligasi US$ 250 juta minggu lalu karena tidak dapat menjual beberapa aset. Setelah satu unit gagal bayar, Oceanwide Holdings Co., Ltd. berusaha menjual gedung kantor utamanya di Beijing.

Kegagalan untuk menjual saham telah memperburuk kekurangan uang tunai dari beberapa raksasa real estat China, banyak di antaranya telah dikeluarkan dari pasar keuangan karena melonjaknya biaya pinjaman dan kebijakan "tiga garis merah" Beijing untuk membatasi pinjaman ke industri.

"Sebagian besar pembeli potensial dari aset real estat yang dijual juga pengembang, tetapi di bawah tiga batasan utang garis merah, banyak orang tidak akan menelan sejumlah besar aset," kata Matthew Zhou, direktur Standard & Poor's Global Ratings. "Dalam siklus turun, bahkan pengembang dengan likuiditas yang cukup cenderung menimbun uang tunai," tambahnya.

Selama bertahun-tahun, pengembang dari Dalian Wanda Group Co., Ltd. hingga Xincheng Group Co., Ltd. telah mampu mengatasi tekanan pembiayaan dengan menjual tanah, proyek konstruksi, atau aset lainnya. Pesaing real estat besar, termasuk Evergrande, Sunac China Holdings Co., Ltd., dan China Vanke Co., Ltd., seringkali merupakan pembeli sukarela.

Ini tidak lagi terjadi, krisis utang Evergrande telah melanda sektor ini, dan tindakan keras Beijing membatasi pinjaman baru. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, dua pertiga dari 30 perusahaan real estat teratas di negara ini berdasarkan penjualan telah melanggar setidaknya satu dari tiga indikator garis merah. Jika pengembang melanggar ketiga peraturan tersebut, dilarang menambah pinjaman yang belum dibayar.

"Proyek real estat biasanya disertai dengan utang. Ada beberapa pemain di pasar yang bersedia mengkonsolidasikan lebih banyak utang," kata Zhou Chuanyi, analis kredit di Lucor Analytics.

Selanjutnya: Ekonomi global masih lemah dibayangi lesunya perekonomian AS dan China




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×