Perusahaan-Perusahaan yang Terkena Dampak Runtuhnya SVB

Selasa, 14 Maret 2023 | 05:10 WIB Sumber: Reuters
Perusahaan-Perusahaan yang Terkena Dampak Runtuhnya SVB


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank yang berfokus pada startup, SVB Financial Group, minggu lalu menjadi bank terbesar yang tumbang sejak krisis keuangan 2008. Kolapsnya SVB mengirimkan gelombang kejutan melalui sistem keuangan global dan mendorong regulator untuk turun tangan untuk mengatasi dampak tersebut.

Kejatuhan SVB juga menimbulkan kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga dapat mengekspos kerentanan dalam ekonomi global karena era uang murah yang telah berlangsung selama beberapa dekade berakhir.

Baca Juga: Terseret SVB, Saham Perbankan AS Longsor, Saham First Republic Bank Jatuh Terdalam

Di bawah ini adalah daftar perusahaan di seluruh dunia yang memiliki simpanan di SVB:

AMERIKA UTARA

Perusahaan di Amerika Serikat mengungkapkan deposito lebih dari US$ 4 miliar, selain berbagai fasilitas kredit dengan bank ini.

ROBLOX

Perusahaan game online ini mengatakan sekitar 5% dari saldo kas dan efek senilai US$ 3 miliar, atau sekitar US$ 150 juta per 28 Februari disimpan di SVB.

ROKU

Pembuat perangkat streaming ini memiliki sekitar US$ 487 juta, atau 26% dari kas dan setara kasnya yang disimpan dalam bentuk deposito dengan SVB.

ACUITYADS HOLDING INC

Perusahaan teknologi yang berbasis di Kanada ini mengatakan mempertahankan rekening bank AS dengan SVB yang berjumlah US$ 55 juta dalam bentuk deposito.

APPLOVIN CORP

Perusahaan pengembang aplikasi seluler ini memiliki lebih dari US$ 1 miliar dalam bentuk tunai dan setara kas dengan kurang dari US$ 2 juta di SVB pada 10 Maret. Applovin menambahkan bahwa mereka tidak memiliki fasilitas kredit terkait SVB.

ASTRA SPACE INC

Pembuat roket ini menyimpan kasnya di deposito SVB. Jumlah simpanan mewakili sekitar 15% dari kas, setara kas, dan surat berharga Astra Space per 10 Maret.

COHU INC

Pembuat produk semikonduktor ini mengatakan memiliki rekening deposito dengan SVB dengan saldo agregat sekitar US$ 12,3 juta, yaitu sekitar 3,8% dari total kas dan investasi perusahaan.

ROCKET LAB USA INC

Pembuat roket ini memiliki rekening deposito dengan SVB dengan saldo agregat sekitar US$ 38 juta. Jumlat ini sekitar 7,9% dari total kas dan setara kas perusahaan dan surat berharga pada 31 Desember.

Baca Juga: Wall Street Turun di Awal Perdagangan Senin (13/3), Saham Perbankan AS Terguncang

LANTRONIX INC

Pembuat produk jaringan tersebut mengatakan memiliki simpanan dengan SVB sekitar US$ 6,7 juta, mewakili sekitar 85% dari total simpanan, per 10 Maret.

Lantronix menambahkan mengeksplorasi opsi darurat untuk mendanai operasinya jika tidak dapat memulihkan simpanannya di SVB.

ALKAMI TECHNOLOGY INC

Penyedia solusi perbankan digital ini memiliki rekening deposito dengan SVB dengan saldo agregat sekitar US$ 3,3 juta, bersama dengan sekitar US$ 8,3 juta dalam rekening "sweep" yang digunakan oleh SVB untuk membeli aset eksternal.

STITCH FIX

Perusahaan layanan penataan gaya online ini mengantisipasi batas kredit US$ 40 juta dengan SVB tidak akan tersedia karena keruntuhan bank. Fasilitas kredit ini adalah bagian dari perjanjian Stitch Fix sebesar US$ 100 juta yang akan diterima oleh tiga bank yakni SVB, JPMorgan Chase Bank dan Citibank.

CIRCLE

Perusahaan cryptocurrency AS, Circle, mengatakan US$ 3,3 miliar dari US$ 40 miliar cadangan USD Coin berada di SVB.

BLOKFI

Pemberi pinjaman crypto yang bangkrut, BlockFi Inc, memiliki sekitar US$ 227 juta dana tidak terlindungi di SVB, Wall Street Journal melaporkan pada hari Jumat.

PAYONEER GLOBAL INC

Penyedia pembayaran global ini mengatakan dari sekitar US$ 6,4 miliar total saldo kas pada 31 Desember, kurang dari US$ 20 juta disimpan di SVB.

LENDINGCLUB CORP

Perusahaan keuangan yang memiliki US$ 8 miliar dari total aset pada 28 Februari, mengatakan hubungannya dengan SVB terbatas pada dana deposito sebesar US$ 21 juta. Lendingclub  menambahkan dana yang ada di SVB ini tidak menimbulkan risiko bagi operasi perusahaan yang sedang berlangsung.

VIR BIOTECHNOLOGY

Perusahaan biotek ini mempertahankan akun operasi di SVB dengan sekitar US$ 220 juta pada hari Jumat.

SUNRUN

Perusahaan tenaga surya untuk residensial Sunrun Inc memiliki simpanan tunai dengan SVB berjumlah hampir US$ 80 juta. Sementara komitmen SVB yang belum ditarik di non-recourse senior aggregation warehouse facility adalah sekitar US$ 40 juta.

SUNNOVA ENERGI INTERNASIONAL INC

Anak perusahaan Sunnova adalah bagian dari fasilitas kredit di mana SVB bertindak sebagai pemberi pinjaman. Komitmen yang tidak didanai sebesar US$ 15 juta di bawah fasilitas back-leverage.

OAK STREET HEALTH INC

Perusahaan perawatan kesehatan ini mengatakan SVB adalah pemberi pinjaman untuk fasilitas kredit pinjaman berjangka US$ 300 juta bersama dengan Hercules Capital Inc. Oak Street telah menarik fasilitas pinjaman US$ 75 juta.

GINKGO BIOWORKS HOLDINGS INC

Pengembang obat ini mengatakan saldo kas anak perusahaannya, Zymergen Inc disimpan di rekening deposito di SVB mewakili sekitar US$ 74 juta dari kas dan setara kas perusahaan pada 31 Desember.

ALPHATEC HOLDING INC

Perusahaan teknologi medis mempertahankan rekening deposito dengan SVB sekitar US$ 14 juta yang digunakan untuk operasi sehari-hari.

CYMABAY TERAPEUTIKA INC

Perusahaan spesialis penyakit hati ini menyebut, SVB adalah bank komersial dan manajer portofolio investasi perusahaan. Cymabay memiliki rekening penyimpanan di SVB yang menampung sekitar US$ 6,3 juta, per 13 Maret.

Baca Juga: HSBC Beli Silicon Valley Bank (SVB) Cabang Inggris Seharga 1 Poundsterling

EROPA

Sekitar 16 perusahaan teknologi dan life sciences di Eropa telah mengungkapkan sekitar US$ 190 juta paparan SVB di Inggris dan Amerika Serikat.

TRUSTPILOT GROUP PLC

Perusahaan Denmark yang menjalankan platform tinjauan global, mengatakan SVB UK adalah mitra perbankan utamanya. Trustpilot menyimpan US$ 36 juta di bank dan US$ 18 juta sedang ditransfer dari SVB UK tetapi menunggu konfirmasi

DIACEUTICS

Penyedia teknologi dan solusi untuk industri farmasi ini memperingatkan ketidakpastian material atas kemampuannya untuk melayani modal kerjanya dalam jangka pendek. Diaceutics memiliki sebagian besar dari £ 22,2 juta dalam bentuk tunai di akun SVB. Perusahaan ini mencoba memindahkan uangnya sebelum penutupan SVB tetapi transaksinya tertunda

DIANOMI

Penyedia layanan periklanan digital ini mengatakan sekitar £ 3,8 juta berada di berbagai akun mata uang yang berbeda dengan SVB dan SVBUK. Dianomi secara aktif bekerja untuk memulihkan simpanan ini.

GLANTUS HOLDINGS

Penyedia SaaS yang berbasis di Irlandia ini menggunakan SVB untuk operasinya di AS. Paparan maksimumnya diperkirakan hanya sedikit melebihi US$ 250.000, yang diasuransikan oleh FDIC.

ZEALAND PHARMA

Pengembang obat Denmark memiliki simpanan sebesar 162,6 juta krone Denmark (US$ 23,4 juta) di SVB, yang merupakan sekitar 15% dari dana likuid grup.

PHARMING GROUP NV

Perusahaan biofarmasi ini memiliki simpanan US$ 26 juta di SVB AS, dan berharap tidak menanggung kerugian atas simpanan ini.

KINNEVIK AB

Perusahaan investasi yang berbasis di Swedia ini mengatakan bagian pro rata deposito SVB berjumlah kurang dari US$ 20 juta.

Baca Juga: OJK: Penutupan Silicon Valley Bank Tak Berdampak Langsung Ke Indonesia

RWS HOLDINGS PLC

Penyedia layanan kekayaan intelektual ini mengatakan posisi kas kecil yang dipegang dalam SVB di AS diharapkan sepenuhnya dilindungi di bawah Skema Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC). RWS menambahkan bahwa SVB UK memegang sebagian dari kontrak mata uang ke depannya.

AUCTION TECHNOLOGY GROUP

Perusahaan teknologi yang berbasis di Inggris ubu memiliki pengaturan fasilitas senior dengan sindikat enam bank. SVB mewakili seperenam dari masing-masing jumlah yang ditarik dan tidak ditarik pada fasilitas tersebut.

PCI-PAL

Penyedia SaaS yang berbasis di Inggris memiliki sekitar £ 3,2 juta uang tunai di rekening SVB, bank utamanya, terbagi antara AS dan Inggris pada 9 Maret.

YOURGENE HEALTH PLC

Perusahaan diagnostik molekuler ini memiliki fasilitas pinjaman berjangka dengan SVB UK dan yakin deposit SVB-nya dilindungi oleh skema asuransi yang relevan di Inggris dan AS.

WINDWARD LTD

Perusahaan teknologi Inggris itu mengatakan total eksposur di atas jumlah yang dilindungi oleh Skema Federal Deposit Insurance Corp dan Skema Kompensasi Jasa Keuangan kurang dari 0,5% dari posisi kas perusahaan sebesar US$ 22,2 juta.

TECHNOPROBE SPA

Perusahaan semikonduktor dan mikroelektronika Italia mengatakan paparannya terhadap SVB mewakili 2,5% dari kas dan setara kasnya. Seorang broker memperkirakan ini sekitar € 10 juta (US$ 10,71 juta).

ALECTA

Dana pensiun Swedia, pemegang saham SVB sejak 2019, memiliki sekitar 1.200 miliar krona Swedia (US$ 111,94 miliar) aset yang dikelola. Alecta mengatakan total investasinya di SVB hanya di bawah 9 miliar krona.

"Bagi penabung pensiun individu di Alecta, dampak investasi ini terhadap pembayaran pensiun pekerjaan di masa depan sangat kecil," ungkap Alecta. Alecta adalah pemilik terbesar keempat SVB dengan 4,45% saham pada 31 Desember, menurut Refinitiv.

Alecta juga telah menginvestasikan sekitar 3 miliar krona Swedia di Signature Bank, yang ditutup hanya dua hari setelah SVB runtuh.

Baca Juga: USDC Terguncang Akibat SVB Bangkrut, Begini Saran Untuk Investor

ASIA PASIFIK

NITRO SOFTWARE

Pembuat perangkat lunak produktivitas Australia Nitro Software Ltd mengatakan memiliki sekitar US$ 12,18 juta dari cadangan kas globalnya yang disimpan di SVB. Nitro, yang sedang dalam proses akuisisi oleh perusahaan private equity Potentia Capital, mengatakan pengembangan tersebut tidak mempengaruhi tawaran pengambilalihan.

SEZZLE INC

Perusahaan buy now pay later Australia Sezzle Inc memiliki sekitar US$ 1,2 juta dari total kas dan setara kas yang disimpan di SVB. Sezzle menambahkan bahwa dana yang disimpan di SVB tidak material untuk bisnis atau operasinya yang sedang berlangsung

XERO LTD

Pembuat perangkat lunak akuntansi Australia Xero Ltd mengatakan tidak memiliki eksposur material terhadap SVB. Total eksposur sebesar US$ 5 juta pada 10 Maret.

LIFE360 INC

Penyedia layanan berbasis lokasi Australia, Life360 Inc, mengatakan perkiraan paparannya mencapai US$ 5,6 juta, tanpa gangguan signifikan terhadap operasi

KUWAIT FINANCE HOUSE

Bank ini memiliki paparan US$ 1,2 juta ke SVB tetapi tidak memiliki dampak keuangan material dari kejatuhan tersebut.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru