kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan ritel M&S akan akuisisi saham Ocado senilai US$ 994 Juta


Rabu, 27 Februari 2019 / 18:14 WIB
Perusahaan ritel M&S akan akuisisi saham Ocado senilai US$ 994 Juta


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - LONDON. Perusahaan Ritel Inggris Marks & Spencer (M&S) akan melakukan kerjasama joint venture dengan Ocado yakni perusahaan perintis supermarket online. Kerjasama tersebut akan membuat M&S bisa melakukan layanan pengiriman makanan online secara lengkap untuk pertama kalinya.

Melansir laman Reuters, Rabu (27/2), M&S akan membeli 50% saham Ocado senilai 750 juta pound atau sekitar US$ 994 juta. Untuk membiayai akuisisi tersebut, perusahaan ritel terbesar di Inggris tersebut akan melakukan right issue dengan target dana 600 juta pound dan memangkas 40% dividen.

Saham M&S telah merosot 7% pada 08.10 GMT sebagai refleksi dari kenaikan equity dan pemotongan dividen, Namun, saham Ocado justru naik 3%.

Saham keduanya meningkat tajam pada Selasa kemarin setelah kerjasama itu terkonfirmasi dan berbulan-bulan sebelumnya harga sahamnya diwarnai spekulasi terkait kesepakataan tersebut.

M&S merupakan perusahaan retail pakaian dan makanan berusia 135 tahun. Perusahaan ini adalah shopping street mainstream di Inggris. Namun, harus berjuang menghadapi kemunculan mode cepat, diskon dan tren belanja daring.

Perusahaan saat ini menjual anggur, bunga dan pakaian online, tetapi tidak menawarkan layanan pengiriman lengkap untuk produk makanan. Itu membuatnya merugi karena harus bersaing dengan kompetitor seperti Waitrose dan dua supermarket terbesar di Inggris yakni Tesco dan Sainsbury.

Chief Executive M&S , Steve Rowe selalu yakin bahwa M&S Food harus bisa menggarap pasar online. "Investasi kami adalah joint venture di mana Ocado memperlancar strategi penjualan makanan sehingga memungkinkan kami untuk membawa makanan kami online dengan cara yang langsung menguntungkan dan berkelanjutan." katanya.

Kerjasama patungan itu akan diperdagangkan lewat Ocado.com namun akan memiliki akses ke merek M&S. Kerja sama ini akan bisa diakses paling lambat pada September 2020 setelah Ocado mengahiri kerjasama dengan penjual bahan makanan kelas atas Waitrose.

Waitrose telah mengkonfirmasi bahwa kerjasama dengan Ocado akan berakhir pada September 2020. M&S dan Ocado mengatakan pelanggan akan mendapat manfaat dari akses ke berbagai produk yang lebih luas dan usaha patungan akan menikmati akses ke lebih dari 12 juta pembeli makanan M&S.

Perusahaan patungan menargetkan bisa meraup pendapatan 1,47 miliar pound dan pendapatan inti 34,2 juta pound tahun ini terhitung sejak 2 Desember 2018. M&S mengatakan kesepakatan itu akan memberikan potensi sinergi setidaknya 70 juta pound per tahun. Itu akan dicapai pada tahun ketiga.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×