kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesawat Militer Canggih Rusia Diledakkan di Belarus


Selasa, 28 Februari 2023 / 05:53 WIB
Pesawat Militer Canggih Rusia Diledakkan di Belarus
ILUSTRASI. Aktivis anti-pemerintah Belarusia mengatakan mereka telah meledakkan pesawat pengintai militer Rusia. Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Aktivis anti-pemerintah Belarusia mengatakan mereka telah meledakkan pesawat pengintai militer Rusia yang canggih dalam serangan pesawat tak berawak di sebuah lapangan terbang dekat ibu kota Belarusia, Minsk. Ini merupakan sebuah klaim yang tidak dikonfirmasi oleh Rusia maupun Belarusia.

Melansir Reuters, pesawat tersebut jenis Beriev A-50 dan memiliki nama pelaporan NATO Mainstay. Ini merupakan pesawat peringatan dini udara dengan kemampuan komando dan kontrol dan kemampuan untuk melacak hingga 60 target sekaligus.

Belarus, sekutu setia Rusia, telah mengizinkan Moskow menggunakan wilayahnya untuk melancarkan serangan ke Ukraina, meskipun sejauh ini menahan diri untuk tidak terlibat langsung dalam perang.

"Mereka adalah pesawat tak berawak (yang melakukan serangan). Para peserta operasi adalah warga Belarusia," kata Aliaksandr Azarov, pemimpin organisasi anti-pemerintah Belarusia BYPOL, seperti dikutip pada hari Minggu di aplikasi pesan Telegram organisasi tersebut dan di Polandia- berdasarkan saluran berita Belsat.

Azarov tidak memberikan bukti langsung untuk mendukung pernyataannya.

Baca Juga: Rusia Berencana Ambil Kendali Penuh atas Negara Tetangganya Belarusia

BYPOL, yang beranggotakan mantan petugas penegak hukum yang mendukung politisi oposisi, telah dicap sebagai organisasi teroris oleh Minsk. Belsat adalah penyiar Polandia yang memberikan laporan kritis tentang Belarusia yang juga dicap Minsk sebagai ekstremis.

Saat dihubungi melalui telepon pada hari Senin (27/2/2023), Azarov mengatakan kepada Reuters bahwa operasi tersebut telah direncanakan selama beberapa bulan. Selain itu, mereka juga akan berusaha untuk melakukan lebih banyak tindakan di masa depan.

"Kami bekerja, melanjutkan pertempuran kami melawan penjajah Rusia di wilayah Belarusia dan dengan rezim kriminal (Presiden Alexander) Lukashenko yang telah merebut kekuasaan secara tidak sah," katanya.

Kremlin menolak mengomentari klaim Azarov, dengan mengatakan bahwa dugaan insiden itu terjadi di wilayah Belarusia yang dikatakan telah membantah klaim tersebut. Tidak ada tanggapan segera atas permintaan komentar dari kementerian pertahanan Belarusia atau Rusia.

Baca Juga: Pertempuran Sengit Pecah di Soledar, Rusia Bangun Kekuatan, Ukraina Bertahan

Fanak Viacorka, penasihat pemimpin oposisi Belarusia Sviatlana Tsikhanouskaya, mengatakan dalam sebuah posting di Twitter bahwa dua "partisan" Belarusia telah terlibat dalam serangan di pangkalan udara Machulishchy di luar Minsk.

Dia mengatakan drone telah merusak bagian depan dan tengah pesawat A-50, termasuk antena radar dan avionik pesawat. Kedua orang yang melakukan serangan itu sekarang sudah aman di luar Belarusia, katanya.

"Saya bangga dengan semua warga Belarusia yang terus menentang pendudukan hibrida Rusia di Belarus & berjuang untuk kebebasan Ukraina," tulis Tsikhanouskaya, pemimpin oposisi, di Twitter, dengan tautan ke laporan penasehatnya Viacorka.

Ada beberapa tindakan sabotase di Belarus dan di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina, terutama di sistem kereta api, sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina.

Kelompok hak asasi manusia Belarusia Vyasna mengatakan pada hari Senin bahwa seorang wanita telah ditahan di Machulishchy di mana pangkalan udara itu berada. Ia mengatakan tidak mengetahui alasan penahanan tersebut.

Penahanan di Belarus adalah hal biasa, terutama setelah Lukashenko membubarkan aksi unjuk rasa massal terhadapnya pada tahun 2020 dan memenjarakan semua tokoh oposisi terkemuka atau memaksa mereka melarikan diri ke luar negeri.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×