Pewaris Samsung dan Chairman Lotte Group dapat Pengampunan Khusus

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:01 WIB Sumber: Yonhap,Yonhap
Pewaris Samsung dan Chairman Lotte Group dapat Pengampunan Khusus

ILUSTRASI. Lee Jae-yong, pewaris Samsung Group mendapatkan pengampunan khusus dari Presiden Yoon Suk-yeol

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memberikan pengampunan khusus pertamanya untuk memperingati Hari Pembebasan yang jatuh pada pekan depan. Dari 1.693 nama yang mendapat remisi khusus tersebut, terdapat pewaris Samsung Group Lee Jae-yong dan Chairman Lotte Group Shin Dong-bin.

Jumat (12/8), pemerintah mengumumkan, pengampunan tersebut akan mulai berlaku pada Hari Pembebasan yang jatuh pada Senin (15/8).

Dari daftar nama terpidana yang diberi pengampunan tersebut, yang paling menonjol adalah Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong.

Lee yang dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara dalam kasus suap yang melibatkan mantan Presiden Park Geun-hye. Dia dibebaskan bersyarat pada Agustus tahun lalu.

Baca Juga: Adik Perempuan Kim Jong Un: Kami Tidak Hanya Berantas Virus tapi juga Korea Selatan

Sebenarnya, masa hukuman Lee secara resmi berakhir pada 29 Juli lalu, tetapi dia masih membutuhkan pengampunan untuk mendapatkan kembali semua haknya.

Hal yang sama juga terjadi pada Chairman Lotte Group. Di mana, Shin dijatuhi hukuman penjara 2,5 tahun yang ditangguhkan pada Oktober 2018 dalam kasus suap yang melibatkan mantan Presiden Park.

Sementara itu, mantan Presiden Lee Myung-bak, yang  awalnya diprediksi mendapat pengampunan ternyata tidak termasuk dalam daftar. Hal yang sama juga terjadi pada mantan Gubernur Provinsi Gyeongsang Selatan Kim Kyoung-soo.

Pengampunan yang diharapkan secara luas untuk mantan Presiden Lee, yang berusia 81 tahun, dikesampingkan pada saat-saat terakhir. Lantaran tingkat kepopuleran Yoon telah turun ke level yang sangat rendah dan pengampunan mantan presiden yang tidak populer dapat memperburuk posisinya saat ini.

Mantan Presiden Lee sebenarnya telah keluar dari penjara sejak Juni lalu. Itu terjadi karena pengadilan memberikan penangguhan tiga bulan dari hukuman penjaranya lantaran masalah kesehatan.

Termasuk dalam daftar pengampunan adalah Chang Sae-joo, Chairman Dongkuk Steel Mill Co., mantan chairman Grup STX Kang Duk-soo dan beberapa aktivis buruh, termasuk mantan pemimpin serikat buruh Konfederasi Serikat Buruh Korea.

Baca Juga: Seoul Terendam Banjir, Curah Hujan Capai Rekor Tertinggi dalam 80 Tahun

Yang lainnya adalah mereka yang dihukum karena tindak pidana kecil, pemilik usaha kecil dan narapidana dalam situasi yang membutuhkan.

"Para pelaku bisnis kunci dimasukkan dalam pengampunan dengan pertimbangan peran mereka dalam memimpin pertumbuhan nasional melalui investasi teknologi dan penciptaan lapangan kerja, mengingat negara ini sangat perlu mengatasi krisis ekonomi," kata seorang pejabat pemerintah.

Berbicara pada pertemuan Kabinet, Presiden Yoon menyatakan harapan bahwa pengampunan khusus Hari Pembebasan akan membantu menstabilkan mata pencaharian masyarakat dan menarik bangsa keluar dari krisis ekonomi.

Di Korea Selatan, presiden biasanya memberikan pengampunan khusus dalam rangka memperingati hari besar nasional, dengan para pemimpin konglomerat papan atas, yang dikenal sebagai chaebol, sering kali menjadi penerima manfaat dengan alasan bahwa kembalinya mereka ke manajemen akan membantu meningkatkan ekonomi domestik.

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru