kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilihan Mobil Hybrid Membuat Bisnis Toyota Lebih Bersinar dari Pesaing yang Genjot EV


Minggu, 04 Februari 2024 / 07:24 WIB
Pilihan Mobil Hybrid Membuat Bisnis Toyota Lebih Bersinar dari Pesaing yang Genjot EV
ILUSTRASI. Toyota All New Kijang Innova Zenix


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  TOKYO / SAN FRANCISCO - Ketika Tony Le bersama istrinya mencari mobil baru pada tahun lalu, ia melihat mobil listrik Tesla dan model mobil listrik lainnya.

Namun pada akhirnya, pekerja teknologi 37 tahun asal Modesto, California Amerika Serikat ini, menetapkan pilihan mobil barunya kepada merek Toyota RAV4 Hybrid. Pertimbangan Tony Le, karena ia khawatir terjebak dengan kendaraan listrik murni, terutama saat baterai habis, dan tidak ada stasiun pengisian daya baterai yang terlihat.

"Terkadang saya ingin bermain dengan kendaraan listrik hanya berdasarkan kecepatan dan torsi. Tapi untuk penggunaan praktis... itu tidak masuk akal," kata Le, yang sering mengemudi dari California ke negara bagian Washington untuk bekerja.

Baca Juga: Yen Melemah Menjadi Berkah Penjualan Mobil Hybrid Toyota di Pasar Global

Le adalah salah satu dari banyaknya konsumen yang mempercepat penjualan kendaraan hibrida, meninggalkan produsen hibrida jangka panjang Toyota Motor 7203.T di posisi terdepan untuk mengungguli pesaing yang beralih dengan cepat ke elektrifikasi penuh dan sekarang berjuang dengan menurunnya permintaan kendaraan listrik.

Suku bunga tinggi dan ketidakpastian prospek ekonomi juga mendorong banyak produsen kendaraan listrik untuk memotong target produksi mereka dan memperingatkan pertumbuhan penjualan yang melambat dalam beberapa minggu terakhir.

Namun, Toyota diperkirakan akan menawarkan pandangan yang lebih optimis ketika melaporkan pendapatannya pada hari Selasa, dibantu oleh ketergantungannya yang besar pada kendaraan hibrida, yang menyumbang sekitar sepertiga dari total penjualannya lebih dari 10 juta kendaraan tahun lalu.

"Hampir setiap model yang kami jual sekarang entah secara eksklusif adalah hibrida atau memiliki varian hibrida," kata Greg Davis, manajer umum Walser Toyota, dealer di Minnesota, kepada Reuters.

Baca Juga: MMKSI Genjot Penjualan pada Perhelatan IIMS 2024  

Dia mengatakan outletnya berusaha meningkatkan jumlah kendaraan hibrida yang dijualnya hingga 40%-50% dari total penjualan, karena Toyota bergerak untuk membuat sedan terlarisnya di pasar Amerika Serikat, Camry, hanya tersedia dalam versi hibrida.

Toyota telah mengumumkan bahwa generasi berikutnya dari Camry akan hanya tersedia sebagai hibrida, langkah paling berani sejauh ini untuk mendorong teknologi yang diperkenalkan dengan Prius, lebih dari seperempat abad yang lalu.

Meskipun peningkatan penjualan jangka pendek yang diperkirakan akan dilaporkan oleh Toyota, analis memperingatkan bahwa risiko utama yang dihadapi produsen mobil terlaris di dunia ini adalah bahwa ia tetap menjadi pelambat dalam kendaraan listrik baterai murni (BEV), yang umumnya dianggap sebagai masa depan jangka panjang industri otomotif.

"Risiko terbesar Toyota adalah tentang adopsi konsumen terhadap BEV (kendaraan listrik baterai)," kata Stephanie Brinley, direktur asosiasi di S&P Global Mobility.

Baca Juga: China Sukses Kalahkan Jepang Jadi Eksportir Mobil Terbesar di Tahun 2023

"Jika adopsi konsumen terhadap BEV bergeser lagi dan mempercepat, Toyota mungkin tidak sepenuhnya siap dengan solusi BEV yang kompetitif."

Toyota hanya menjual 104.000 BEV tahun lalu, kurang dari 1% dari total penjualannya, termasuk merek mewah Lexus-nya. Rencananya adalah meningkatkan pengiriman menjadi 1,5 juta BEV pada 2026, di bawah pengiriman Tesla pada 2023 sebanyak 1,8 juta kendaraan.

Toyota mengambil pendekatan "multi-pathway" untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di setiap pasar, dan Chairman Akio Toyoda mengatakan bulan lalu bahwa pangsa pasar BEV akan mencapai 30% paling banyak, dengan hibrida, mobil sel bahan bakar hidrogen, dan kendaraan pembakaran bahan bakar lainnya membentuk sisanya.

TUNGGUAN PANJANG UNTUK PENGIRIMAN

Penjualan hibrida di Amerika Serikat terus meningkat karena konsumen enggan membayar harga tinggi untuk kendaraan listrik dan khawatir tentang jangkauan mobil listrik, terutama di daerah pedesaan, di mana jarak antara stasiun pengisian bisa sangat jauh.

Mobil listrik belum begitu diterima di Midwest seperti di West Coast dan bagian lain Amerika Serikat, kata Davis.

Tetapi permintaan akan hibrida begitu kuat sehingga pembeli harus menunggu sekitar satu tahun untuk pengiriman beberapa model, seperti kendaraan multi-fungsi Toyota Sienna, dan membayar harga ritel yang disarankan oleh pabrik sepenuhnya, katanya.

Sebaliknya, Tesla, yang telah menawarkan potongan harga tajam sejak tahun lalu di pasar utama termasuk AS dan China, mengalami penurunan margin kendaraan pada kuartal terakhir dan memperingatkan tentang permintaan EV yang melambat tahun ini.

Baca Juga: Yen Melemah Menjadi Berkah Penjualan Mobil Hybrid Toyota di Pasar Global

Hibrida menyumbang 9,3% dari registrasi kendaraan ringan baru di Amerika Serikat dari Januari hingga November 2023, mengungguli EV sebesar 1,8 poin persentase, menurut data S&P Global Mobility.

Hal ini menguntungkan Toyota, yang menjadi penjual hibrida terbesar di AS dengan lebih dari sepertiga dari registrasi baru, diikuti oleh Honda Motor 7267.T dengan 20%, Hyundai Motor 005380.KS dari Korea Selatan dan afiliasinya Kia 000270.KS, serta Ford Motor F.N.

CEO General Motors GM.N, Mary Barra, mengatakan minggu ini perusahaannya akan meluncurkan kendaraan plug-in hibrida di Amerika Utara, beralih dari strategi menghindari powertrain hibrida di benua tersebut.

Analisis memperkirakan Toyota akan mencatat kenaikan 40% dalam laba operasional Oktober-Desember, menurut data LSEG.

Selanjutnya: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023 Diprediksi Lebih Rendah dari 2022

Menarik Dibaca: Cuaca Dingin Bikin Tanaman Hias Mudah Busuk, Begini Cara agar Tetap Hangat




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×