kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ping An bakal akuisisi Founder Group Corp senilai US$ 7,9 miliar


Minggu, 02 Mei 2021 / 13:41 WIB
Ping An bakal akuisisi Founder Group Corp senilai US$ 7,9 miliar
ILUSTRASI. Ping An Insurance


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Aksi merger dan akuisisi masih semarak di tengah pandemi Covid-19. Ping An Insurance Group Co. telah setuju untuk mengakuisisi mayoritas saham di Founder Group Corp senilai 50,75 miliar yuan atau setara dengan US$ 7,9 miliar, mengutip Bloomberg pada Minggu (2/5).

Ping An berencana untuk membeli 51,1% hingga 70% saham terhadap Founder Group yang memiliki asetnya termasuk Founder Securities Co, Founder Technology Group Corp. dan China Hi-Tech Group Co, menurut sebuah pernyataan kepada bursa saham Shanghai pada Jumat (30/4). 

Peking University Founder Group Corp. telah menjalani proses restrukturisasi yang dipimpin pengadilan sejak awal tahun lalu. Lantaran telah gagal membayar obligasi dolar senilai US$ 3 miliar dan obligasi dalam negeri sebesar 34,5 miliar yuan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg

Baca Juga: Joe Biden: Militer AS akan tetap hadir di kawasan Indo-Pasifik!

Pada bulan Januari, Ping An Insurance diperkenalkan sebagai salah satu investor karena Founder Group melanjutkan rencana restrukturisasi. Pengumuman tersebut mengkonfirmasi cerita Bloomberg News sebelumnya bahwa Ping An sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi sebagian saham di Founder Securities. 

Sebuah tim kerja dari Ping An telah melakukan uji tuntas pada Founder Securities, mitra China dari Credit Suisse Group AG, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Ping An sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan Founder Securities dengan Ping An Securities Co., menurut orang-orang yang mengetahui aksi ini

Saham Founder Securities mengurangi kerugian setelah laporan Bloomberg News pada hari Jumat. Ini ditutup 3,8% lebih rendah setelah jatuh sebanyak 8,4%. Perusahaan memiliki pangsa pasar sekitar US$ 11,7 miliar.

Ping An Securities adalah salah satu dari sedikit pialang besar China yang tetap privat. Bila aksi ini mulus, jika digabungkan, dapat memiliki total aset 245 miliar yuan setara dengan US$ 38 miliar. Hal itu akan menjadikan entitas tersebut salah satu dari 10 pemain teratas Tiongkok, menurut data yang dikumpulkan oleh Asosiasi Sekuritas Tiongkok.

Kesepakatan itu muncul karena industri sekuritas China senilai US$ 1,4 triliun menghadapi tekanan yang meningkat karena perusahaan Wall Street seperti Goldman Sachs Group Inc. dan JPMorgan Chase & Co. sedang bersiap untuk mendapatkan kendali penuh atas usaha pialang mereka. Persaingan yang semakin ketat dapat memicu konsolidasi di antara pialang lokal dan menyaring mereka yang tidak dapat bersaing.

Baca Juga: Brasil berjuang mencari alternatif pasokan vaksin Covid-19

Bisnis sekuritas di China juga menarik perhatian pelaku global. Credit Suisse misalnya, pada tahun lalu meningkatkan kepemilikannya dalam usaha patungan sekuritas dengan Founder Group dari 33% menjadi 51%. 

Credit Suisse berusaha untuk mendapatkan kendali penuh sesegera mungkin. Goldman Sachs dan JPMorgan juga berlomba untuk menjadi yang pertama dengan 100% kepemilikan dalam usaha patungan mereka di China.

Sementara itu, broker lokal meningkatkan modal dan daya saing mereka selama beberapa tahun terakhir. Citic Securities Co. membeli Guangzhou Securities Co. dalam kesepakatan US$ 2 miliar pada tahun 2019. Potensi merger antara dua bank investasi terbesar di China - Citic dan CSC Financial Co.

Selanjutnya: AS dan China jadi negara dengan belanja militer paling boros selama pandemi




TERBARU

[X]
×