kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Planet Mars berada pada posisi tampak paling besar dan paling terang


Selasa, 13 Oktober 2020 / 10:52 WIB
Planet Mars berada pada posisi tampak paling besar dan paling terang
ILUSTRASI. Planet Mars.


Sumber: BBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   Keluar dan lihat ke atas! Plane Mars saat ini berada pada titik tampak paling besar dan paling terang saat ini karena Planet Merah ini sejajar dengan Bumi di sisi yang sama dari Matahari.

Setiap 26 bulan, kedua planet ini, Mars dan Bumi, bergerak berdekatan, sebelum kemudian menyimpang lagi pada orbit terpisah di sekitar bintang kita. Selasa malam melihat momen sebenarnya dari apa yang para astronom sebut "oposisi".

Ketiga badan akan berada dalam garis lurus pada pukul 23:20 GMT (00:20 BST).

"Tapi Anda tidak perlu menunggu sampai tengah malam; bahkan sekarang, pada pukul sembilan atau 10 malam, Anda akan dengan mudah melihatnya di tenggara," kata astrofotografer, Damian Peach.

Baca Juga: Wah! Tanda-tanda potensial kehidupan alien terdeteksi di Venus

"Anda tidak bisa melewatkannya, itu adalah objek mirip bintang paling terang di bagian langit itu," katanya kepada BBC News.

Meskipun minggu yang akan datang ini menyaksikan momen pertentangan, pada hari Selasa minggu lalu Planet Mars dan Bumi benar-benar melakukan pendekatan terdekat mereka dalam siklus 26 bulan ini.

Pemisahan 62.069.570 km, atau 38.568.243 mil. Itu adalah celah tersempit hingga tahun 2035.

Pada pertentangan terakhir, pada tahun 2018, Bumi dan Mars hanya berjarak 58 juta km, tetapi yang membuat peristiwa ini sedikit lebih istimewa bagi astrofotografer di Belahan Bumi Utara adalah ketinggian Planet Merah di langit. Ini lebih tinggi, dan itu berarti teleskop tidak perlu melihat terlalu banyak atmosfer bumi yang bergejolak, yang mengubah gambar.

Praktisi berpengalaman seperti Damian menggunakan teknik yang disebut "pencitraan keberuntungan" untuk mendapatkan bidikan yang sempurna. Mereka mengambil banyak bingkai dan kemudian menggunakan perangkat lunak untuk menyatukan tampilan paling tajam.

Baca Juga: Dua gadis 14 tahun asal India mendeteksi asteroid yang menuju Bumi

Gambar Damian di bagian atas halaman ini menunjukkan dengan jelas "dikotomi Mars" - kontras tajam antara dataran rendah yang mulus di Belahan Bumi Utara dan dataran yang lebih terjal di Belahan Bumi Selatan. Terbukti juga lapisan es karbon dioksida Mars di kutub selatan.




TERBARU

[X]
×