kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Polisi Hong Kong tangkap sekitar 400 orang dalam unjuk rasa saat tahun baru


Kamis, 02 Januari 2020 / 12:59 WIB
Polisi Hong Kong tangkap sekitar 400 orang dalam unjuk rasa saat tahun baru
ILUSTRASI. Sekitar 400 orang ditangkap dalam unjuk rasa pada saat tahun baru di Hong Kong. REUTERS/Laurel Chor

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Sekitar 400 orang ditangkap dalam unjuk rasa pada saat tahun baru di Hong Kong. Kejadian itu terjadi setelah aksi pawai pro-demokrasi damai yang beranggotakan puluhan ribu orang berubah menjadi pemandangan kacau dengan polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Total demonstran yang tertangkap mencapai 7.000 sejak protes di kota itu meningkat pada bulan Juni atas RUU yang sekarang ditarik yang akan memungkinkan ekstradisi ke daratan Tiongkok, dan akan menyoroti tidak adanya kemajuan yang jelas untuk mengakhiri kerusuhan.

Baca Juga: Pesan Tahun Baru Xi Jinping: Dengan tulus mengharapkan yang terbaik bagi Hong Kong

Ketegangan pada hari Rabu meningkat setelah beberapa penangkapan dilakukan di distrik Wan Chai di dekat perbankan global HSBC, yang telah menjadi target kemarahan pemrotes dalam beberapa pekan terakhir.

Ketika perkelahian pecah, sejumlah besar demonstran berpakaian hitam bergegas ke tempat kejadian sementara pengunjuk rasa lainnya membentuk rantai manusia untuk memberi mereka berbagai persediaan termasuk batu bata.

Polisi kemudian meminta panitia untuk membatalkan pawai lebih awal. Mereka akhirnya membubarkan diri setelah truk meriam air dan sejumlah polisi dengan peralatan anti huru-hara berpatroli di jalan-jalan hingga larut malam.

Baca Juga: Efek perang dagang, nilai akuisisi perusahaan China di luar negeri merosot tajam

Dalam sebuah pengarahan pada hari Rabu malam, Inspektur Senior Ng Lok-Chun mengatakan kepada wartawan bahwa penangkapan dilakukan karena pelanggaran termasuk perakitan yang melanggar hukum dan kepemilikan senjata ofensif.

Selama berbulan-bulan, protes telah berkembang menjadi gerakan luas yang mendorong demokrasi penuh di kota yang dikuasai China dan penyelidikan independen terhadap keluhan kebrutalan polisi. Polisi mempertahankan mereka bertindak dengan pengekangan.

Penangkapan juga dilakukan pada Malam Tahun Baru, ketika para pengunjuk rasa menduduki jalan utama di semenanjung Kowloon. Sementara ribuan orang berkerumun hingga tengah malam di sepanjang pelabuhan Victoria.

Baca Juga: Aksi protes Tahun Baru bergulir, polisi Hong Kong kerahkan 6.000 petugas

Beberapa pengunjuk rasa menuduh HSBC terlibat dalam aksi oleh pihak berwenang terhadap para aktivis yang berusaha mengumpulkan uang untuk mendukung kampanye mereka. 



TERBARU

[X]
×