kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polisi Thailand mengerahkan ribuan personil untuk mengamankan aksi demonstrasi


Selasa, 24 November 2020 / 14:54 WIB
Polisi Thailand mengerahkan ribuan personil untuk mengamankan aksi demonstrasi
ILUSTRASI. Pengunjuk di Bangkok, Thailand, Sabtu (21/11/2020). REUTERS/Chalinee Thirasupa


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Polisi Thailand akan mengerahkan hampir 6.000 petugas pada Rabu untuk mengamankan demonstrasi di kantor yang mengelola kekayaan kerajaan. Pengunjuk rasa menuntut agar Raja Maha Vajiralongkorn menyerahkan aset tersebut.

Polisi mengatakan pada hari Selasa bahwa tidak ada pengunjuk rasa yang diizinkan berada dalam jarak 150 meter (450 kaki) dari Biro Properti Mahkota, tempat para bangsawan juga mengatakan mereka berencana untuk berkumpul untuk membela monarki yang menghadapi tantangan terbesarnya dalam beberapa dekade.

Piya Tavichai, wakil kepala polisi Bangkok, mengatakan kedua kelompok itu akan dipisahkan. "Bergantung pada bagaimana pengunjuk rasa berperilaku, kami akan mengambil tindakan yang tepat," katanya dalam konferensi pers.

Lebih dari 50 orang terluka pekan lalu ketika polisi menggunakan meriam air dan gas air mata terhadap ribuan pengunjuk rasa di parlemen dalam hari paling kejam selama lebih dari empat bulan demonstrasi.

Baca Juga: Jerman punya kuasa untuk mengusir Raja Thailand sewaktu-waktu

Para pengunjuk rasa berusaha menyingkirkan mantan pemimpin junta dan sekarang Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan menginginkan konstitusi baru, menuntut reformasi untuk mengekang kekuasaan raja. Di antara tuntutan pengunjuk rasa adalah pembalikan perubahan yang memberi raja kendali pribadi atas kekayaan kerajaan senilai puluhan miliar dolar.

Kelompok protes FreeYouth mengatakan dalam sebuah posting Twitter bahwa mereka akan berdemonstrasi pada hari Rabu untuk "merebut kembali properti yang dimaksudkan untuk menjadi milik rakyat".

Istana Kerajaan tidak memberikan komentar sejak protes dimulai. Prayuth telah menolak seruan pengunjuk rasa untuk mengundurkan diri dan mengatakan pekan lalu bahwa semua undang-undang akan digunakan terhadap pengunjuk rasa yang melanggarnya. Meningkatkan kekhawatiran di antara para aktivis bahwa ini termasuk undang-undang penghinaan kerajaan yang belum digunakan sejak 2018.

Selanjutnya: Ribuan orang berunjuk rasa memprotes pemerintah Thailand menuntut reformasi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×