kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pompeo beritahu PM Kanada pihaknya fokus membebaskan warganya yang ditahan China


Jumat, 23 Agustus 2019 / 16:10 WIB
Pompeo beritahu PM Kanada pihaknya fokus membebaskan warganya yang ditahan China
ILUSTRASI. Mike Pompeo


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - OTTAWA. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada hari Kamis meyakinkan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bahwa para pejabat AS berupaya membebaskan dua warga negara Kanada yang telah ditahan oleh China sejak akhir tahun lalu.

Kedua warga Kanada yang ditahan tersebut saat ini menghadapi tuduhan spionase, mereka ditahan setelah polisi Kanada menahan Kepala Keuangan Huawei Technologies Co, Meng Wanzhou di Vancouver Desember lalu dengan surat perintah penangkapan dari AS.

Baca Juga: Pegawai Konsulat Inggris ditangkap, Kanada larang staf lokal mereka ke China

Pemerintah Kanada telah menekan AS agar berbuat lebih untuk membebaskan warga negara mereka. Terkait  hal itu, Pompeo mengatakan, Presiden AS Donald Trump telah mengangkat kasus tersebut secara langsung saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada akhir Juni lalu.

"Harap dicatat bahwa tim kami fokus membantu kedua orang Kanada itu dibebaskan," ujar Pompeo pada awal pertemuan di Ottawa dengan Trudeau dan Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland seperti dilansir Reuters, Jumat (23/8).

"Salah kalau mereka ditahan," tambah Pompeo.

Pompoe menambahkan bahwa AS sejak awal telah menyerukan kalau penahanan kedua warga Kanada tersebut tidak pantas.

Baca Juga: Kontrasnya penahanan CFO Huawei dengan warga Kanada di China

"Kami telah terlibat dalam kegiatan diplomatik lainnya, berusaha membantu membuat kasus untuk pembebasan kedua orang ini," katanya dalam konferensi pers di akhir pembicaraan.

“Kami akan terus melakukan itu sampai mereka tiba di rumah dan telah dikembalikan ke keluarga mereka,” imbuhnya.

Berbicara di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang menegaskan bahwa kedua orang Kanada itu dicurigai melakukan kejahatan keamanan nasional dan bahwa otoritas hukum China menangani kasus-kasus semacam itu secara independen.

Kasus-kasus itu tidak ada hubungannya dengan Amerika Serikat dan mereka tidak punya hak untuk membuat pernyataan tanpa pertimbangan tentang hal itu, kata Geng kepada wartawan.

Trudeau mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintahnya tidak berniat untuk mundur dalam perselisihan dengan China dan akan membela kepentingan Kanada.

Baca Juga: Kanada setuju ekstradisi putri pendiri Huawei, China meradang

Sebagai tanggapan, kedutaan besar China di Ottawa pada hari Kamis menyalahkan Kanada atas kesulitan besar dalam hubungan bilateral dan menuntut pembebasan Meng.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×