kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi Suram Sekjen NATO: Mobilisasi Rusia Bakal Menelan Lebih Banyak Korban Jiwa


Jumat, 23 September 2022 / 05:37 WIB
Prediksi Suram Sekjen NATO: Mobilisasi Rusia Bakal Menelan Lebih Banyak Korban Jiwa
ILUSTRASI. Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan, pengumuman Putin tentang mobilisasi militer akan menelan lebih banyak korban jiwa. REUTERS/Johanna Geron


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ancaman terselubung Presiden Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir setelah kemunduran Rusia dalam perang Ukraina adalah retorika yang berbahaya dan sembrono.

Hal tersebut diungkapkan oleh sekretaris jenderal NATO pada hari Rabu (21/9/2022). Dia menambahkan, satu-satunya cara untuk mengakhiri perang adalah dengan membuktikan bahwa Moskow tidak akan menang di medan perang.

Jens Stoltenberg juga mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa pengumuman Putin tentang mobilisasi militer pertama Rusia sejak Perang Dunia Kedua akan meningkatkan konflik dan menelan lebih banyak korban jiwa. 

Tapi, tambahnya, hal itu juga merupakan bukti bahwa Putin telah membuat kesalahan besar dengan keputusan Rusia untuk menyerang tetangganya pada 24 Februari.

Stoltenberg, berbicara kepada Pemimpin Redaksi Reuters Alessandra Galloni di New York di sela-sela pertemuan tahunan Majelis Umum PBB. 

Baca Juga: Moskow: Senjata Nuklir Bisa Digunakan untuk Pertahankan Wilayah Rusia di Ukraina

Dia mengatakan aliansi pertahanan Barat yang beranggotakan 30 negara akan tetap tenang dan tidak terlibat dalam retorika nuklir Putin yang sembrono dan berbahaya seperti itu. 

"Satu-satunya cara untuk mengakhiri perang ini adalah dengan membuktikan bahwa Presiden Putin tidak akan menang di medan perang. Ketika dia menyadari itu, dia harus duduk dan merundingkan kesepakatan yang masuk akal dengan Ukraina," kata Stoltenberg.

Dalam pidatonya kepada Rusia sebelumnya, Putin mengumumkan bahwa dia akan memanggil 300.000 pasukan cadangan untuk berperang di Ukraina dan mendukung rencana untuk mencaplok bagian-bagian negara itu. Langkah Putin mengisyaratkan kepada Barat bahwa dia siap menggunakan senjata nuklir untuk membela Rusia.

"Jika integritas teritorial negara kami terancam, kami akan menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi rakyat kami - ini bukan gertakan," kata Putin.

"Rusia memiliki banyak senjata untuk membalas," tambah Putin.

Baca Juga: Putin Perintahkan Mobilisasi, China Serukan Gencatan Senjata Perang Ukraina

Pidato Putin menyusul meningkatnya korban dan kemunduran Rusia di medan perang di mana banyak pasukan Rusia yang berhasil diusir dari daerah yang mereka kuasai di timur laut Ukraina dalam serangan balasan Ukraina bulan ini dan di selatan.

"Pidato Presiden Putin menunjukkan bahwa perang tidak berjalan sesuai dengan rencana Presiden Putin," kata Stoltenberg.

"Dia membuat kesalahan besar, kesalahan strategis," kata Stoltenberg tentang Putin, sambil membuat prediksi suram.

"Lebih banyak pasukan akan meningkatkan konflik. Itu berarti lebih banyak penderitaan, lebih banyak korban jiwa - nyawa Ukraina, tetapi juga nyawa Rusia," kata Stoltenberg.

Putin mengatakan, tanpa memberikan bukti, bahwa para pejabat di negara-negara anggota NATO telah mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan Rusia, dan bahwa Rusia juga memiliki berbagai alat pemusnah.

NATO belum melihat adanya perubahan dalam postur dan kesiapan nuklir Rusia, kata Stoltenberg, tetapi menambahkan bahwa kuncinya adalah untuk mencegah eskalasi semacam itu.

“Kami akan memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman di Moskow tentang keseriusan penggunaan senjata nuklir. … Dan itulah alasan mengapa kami sangat jelas dalam komunikasi kami dengan Rusia tentang konsekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya, tentang fakta bahwa perang nuklir tidak bisa dimenangkan oleh Rusia," paparnya.

Stoltenberg mengatakan bahwa meskipun pasukan Rusia tidak diperlengkapi dengan baik dan tidak memiliki komando dan kontrol yang tepat, sulit melihat konflik berakhir dalam jangka pendek selama Rusia menolak untuk menerima bahwa Ukraina adalah negara yang berdaulat dan merdeka.

Baca Juga: Ramai Dibahas Soal Mobilisasi Parsial Rusia, Ini Pengertiannya

Dia meyakini, selama ini aliansi Barat akan tetap bersatu.

"Kami siap menghadapi musim dingin yang sulit. Musim dingin akan datang, ini akan sulit bagi kita semua. Tetapi jawabannya adalah tidak mundur dan tidak berhenti mendukung Ukraina. Jawabannya, jika ada, adalah untuk melangkah lebih jauh. mendukung Ukraina," tambah Stoltenberg.

Saat NATO bersiap untuk "jangka panjang" dalam berurusan dengan Putin, NATO sekarang sedang berdialog dengan industri pertahanan untuk membangun kembali stok senjata dan amunisinya, kata Stoltenberg.

"Kami telah mengurangi banyak stok. Kami membutuhkan stok untuk disiapkan. Itulah alasan mengapa kami sekarang sangat terlibat dengan industri ini," kata Stoltenberg.




TERBARU

[X]
×