kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi Tentang Masa Depan Putin, Tetap Berkuasa atau Digulingkan?


Kamis, 20 Oktober 2022 / 06:05 WIB
Prediksi Tentang Masa Depan Putin, Tetap Berkuasa atau Digulingkan?
ILUSTRASI. Cengkeraman Vladimir Putin pada kekuasaan di Rusia tetap kokoh meskipun ada kemunduran militer di Ukraina. Sputnik/Gavriil Grigorov/Kremlin via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Cengkeraman Vladimir Putin pada kekuasaan di Rusia tetap kokoh meskipun ada kemunduran militer di Ukraina, mobilisasi yang gagal, dan pertikaian politik. Hal tersebut diungkapkan oleh delapan sumber Reuters yang mendapat informasi langsung, Akan tetapi, beberapa sumber mengatakan, kondisi tersebut bisa berubah dengan cepat jika terjadi kekalahan total.

Sebagian besar dari mereka mengatakan presiden Rusia berada di salah satu tempat terketat dalam lebih dari dua dekade berkuasa atas Ukraina, di mana pasukan invasinya telah terpukul mundur kembali oleh pasukan bersenjata Kyiv.

Namun sumber tersebut, termasuk diplomat Barat dan pejabat pemerintah saat ini dan mantan pejabat, mengatakan tidak ada ancaman nyata yang terlihat dari lingkaran dalamnya, militer atau dinas intelijen.

"Untuk saat ini, Putin tergantung di sana," kata Anthony Brenton, mantan duta besar Inggris untuk Rusia.

Brenton mengatakan, dia yakin pemimpin Rusia berharap untuk bernegosiasi mengenai Ukraina, mungkin dengan Amerika, dan berharap nasib medan perang Moskow yang lesu akan meningkat meskipun apa yang dikatakan Barat adalah kurangnya tenaga kerja, perangkat keras dan bahkan rudal.

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Komandan Pasukan Rusia Terkait Situasi Sulit di Ukraina

Berkuasa sejak 1999, Putin telah melewati banyak krisis dan perang domestik, dan lebih dari sekali menghadapi aksi protes jalanan besar sebelum secara efektif melarang oposisi nyata.

"Operasi militer khusus" di Ukraina yang dilakukan sejak 24 Februari, bagaimanapun, telah menciptakan kebuntuan Timur-Barat yang paling tegang sejak krisis rudal Kuba 1962 dan memicu sanksi Barat yang paling keras terhadap Rusia.

Pasukannya telah mengalami kemunduran yang memalukan serta kerugian besar, dan ratusan ribu orang Rusia telah melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari pertempuran. Putin juga terlibat dalam perang nuklir yang oleh beberapa orang ditafsirkan sebagai tanda keputusasaan.

Beberapa sekutu menuduh para panglima militer salah menangani perang.

Baca Juga: Makin Tegang! NATO Memulai Latihan Nuklir di Tengah Ancaman Vladimir Putin

Brenton, yang berurusan dengan Putin selama masa jabatan keduanya, mengatakan tidak ada kritik publik terhadapnya dari elit politik atau bisnis atau tanda-tanda bakal ada tindakan terhadapnya. Akan tetapi, hal itu mungkin tidak bertahan lama.

"Jika mereka menemukan diri mereka terus mundur pada musim semi, Maret/April tahun depan, maka naluri saya adalah bahwa pada saat itu segalanya menjadi sangat bermasalah bagi Putin -- bukan di tingkat populer, tetapi di tingkat elit," jelasnya.

Dia menambahkan, "Anda memiliki sekelompok orang di sana yang pada dasarnya mementingkan diri sendiri yang tidak ingin menjadi bagian dari bencana yang akhirnya terjadi."




TERBARU

[X]
×