kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,63   6,96   0.81%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Fed Minneapolis: Suku Bunga Turun di Desember Prediksi Masuk Akal


Senin, 17 Juni 2024 / 04:38 WIB
Presiden Fed Minneapolis: Suku Bunga Turun di Desember Prediksi Masuk Akal
ILUSTRASI. Gedung Federal Reserve Board di Constitution Avenue di Washington, AS, 19 Maret 2019. REUTERS/Leah Millis


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Presiden Federal Reserve Minneapolis, Neel Kashkari, pada hari Minggu (16 Juni) mengatakan bahwa "masuk akal" untuk memprediksi bank sentral AS tersebut akan menurunkan suku bunga sekali tahun ini, dan menunggu hingga Desember untuk melakukannya.

"Kita perlu melihat lebih banyak bukti untuk meyakinkan kita bahwa inflasi sedang menuju ke angka 2%," kata Kashkari dalam sebuah wawancara dengan program "Face the Nation" di CBS.

Minggu lalu, Fed mempertahankan suku bunga acuannya di kisaran 5,25% - 5,50%, seperti yang terjadi sejak Juli lalu, untuk terus menekan ekonomi guna meredam inflasi.

Mereka juga mempublikasikan proyeksi yang menunjukkan perkiraan median dari semua 19 bankir sentral AS adalah untuk satu penurunan suku bunga tahun ini.

Baca Juga: 10 Cara Terbaik Jadi Kaya yang Tak Lekang Waktu dari Robert Kiyosaki

"Kita berada dalam posisi yang sangat baik saat ini untuk meluangkan waktu, mendapatkan lebih banyak data inflasi, mendapatkan lebih banyak data tentang ekonomi, dan pasar tenaga kerja, sebelum kita harus mengambil keputusan apa pun," kata Kashkari.

"Kita berada dalam posisi yang kuat, tetapi jika Anda hanya mengatakan akan ada satu penurunan, seperti yang diindikasikan oleh median, itu kemungkinan akan terjadi menjelang akhir tahun."

Kashkari, yang lebih berhati-hati tentang kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter daripada banyak rekannya, tidak mengatakan berapa banyak penurunan suku bunga yang dia harapkan secara pribadi.

Dia mengatakan dia terkejut dengan kinerja pasar tenaga kerja AS yang baik bahkan ketika Fed menaikkan biaya pinjaman secara agresif pada tahun 2022 dan 2023, tetapi dia memperkirakan akan ada lebih banyak penurunan ke depannya.

Baca Juga: Tips Warren Buffett Agar Terhindar dari Kerugian Besar, Cek Informasinya

"Saya berharap ini adalah penurunan moderat, dan kemudian kita bisa kembali ke ekonomi yang lebih seimbang," katanya.

Inflasi menurut ukuran target Fed, perubahan tahun-ke-tahun dalam indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi, tercatat 2,7% pada April. Fed memiliki target 2%.

Tingkat pengangguran di bulan Mei naik menjadi 4%, tertinggi sejak sebelum Fed meluncurkan kampanye kenaikan suku bunga pada Maret 2022, tetapi masih di bawah apa yang dilihat oleh sebagian besar pembuat kebijakan sebagai hal yang berkelanjutan.

Baca Juga: Serbia Beri Sinyal Rio Tinto Bangun Tambang Litium Terbesar di Eropa

Ditanya tentang hambatan biaya pinjaman tinggi yang dihadapi orang-orang yang mencoba membeli rumah, Kashkari mengatakan hal terbaik yang dapat dilakukan Fed untuk pasar perumahan adalah membawa inflasi kembali ke target.

"Jika kita hanya menurunkan suku bunga untuk mencoba mendukung kepemilikan rumah saat ini, itu mungkin akan mendorong naik harga rumah, dan itu sebenarnya tidak akan mengarah pada keterjangkauan yang lebih baik," katanya.

"Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah melakukan pekerjaan kita - mengembalikan inflasi ke target kita - dan kemudian, mudah-mudahan, sisi penawaran ekonomi dapat masuk untuk membangun rumah yang dibutuhkan orang Amerika."




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×