Presiden Jokowi Tak Hadir, Apakah Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Rabu, 21 September 2022 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
Presiden Jokowi Tak Hadir, Apakah Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II?

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022). REUTERS/Molly Darlington

KONTAN.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022). Kendati demikian, Indonesia diundang oleh Pemerintah Inggris. 

Melansir Kompas.com, kehadiran Indonesia diwakili oleh Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya. 

"Akan dihadiri oleh Dubes RI untuk UK (Inggris), Dubes Desra Percaya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/9/2022) siang. 

Teuku Faizasyah melanjutkan, undangan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth ditujukan kepada kepala negara atau kepala pemerintahan, tetapi dapat diwakilkan. 

"Pemerintah Inggris menegaskan bahwa undangan bagi kepala negara/kepala pemerintahan dapat diwakilkan pada level menteri, pejabat tinggi, maupun duta besar," terangnya. 

Dubes Desra Percaya akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan State Funeral (pemakaman kenegaraan), imbuh Teuku Faizasyah. 

Baca Juga: Sekitar 250.000 Orang Menghadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Adapun Desra ketika ditanya terkait agenda pemakaman Ratu Elizabeth II menjawab, dirinya bakal hadir dalam prosesi tersebut mewakili Pemerintah Indonesia. 

"Ini saya sedang menuju ke acara pemakaman. Dengan istri saya," ucap Desra kepada Kompas.com, Senin (19/9/2022) siang WIB atau pagi waktu London. 

Sebelumnya, Desra Percaya dalam keterangan di akun media sosialnya menyebutkan bahwa dia sempat hadir di lokasi persemayaman Ratu Elizabeth II ditemani sang istri. Desra mengikuti tradisi Lying-in-State Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London, Inggris, sebelum ditutup pada Minggu (18/9/2022) malam. 

Baca Juga: Afsel Ingin Inggris Kembalikan Berlian Terbesar di Dunia di Tongkat Ratu Elizabeth

Lying-in-state adalah tradisi peti mati jenazah Ratu Elizabeth II ditempatkan di dalam gedung perlemen Inggris, Westminster Hall, untuk memungkinkan publik memberikan penghormatan. 

“Mendapat kesempatan langka mewakili Pemerintah dan rakyat Indonesia.. menghadiri prosesi 'Lying-in-State' untuk memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almh Ratu Elizabeth II di Westminster Hall pagi ini (18/9),” demikian tulis Dubes Desra dalam akun Instagram-nya. 

Kompas.com mendapat izin mengutip unggahan Desra tersebut. 

Indonesia diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth II bersama puluhan negara lainnya. Hanya enam negara yang tidak diundang yaitu Suriah, Venezuela, Afghanistan, Rusia, Belarus, dan Myanmar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ini Penjelasan Presiden Jokowi Tak Hadir"
Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru