Produk Sunscreen Banana Boat Ditarik karena Mengandung Bahan Berbahaya

Rabu, 10 Agustus 2022 | 04:01 WIB Sumber: Kompas.com
Produk Sunscreen Banana Boat Ditarik karena Mengandung Bahan Berbahaya

ILUSTRASI. produk sunscreen merek Banana Boat ditarik dari pasaran. Alasannya, produk ini diduga mengandung bahan berbahaya Karsinogen.


KONTAN.CO.ID - Masyarakat harap berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Informasi terkini, produk sunscreen merek Banana Boat ditarik dari pasaran. Alasannya, produk ini diduga mengandung bahan berbahaya Karsinogen.

Melansir Kompas.com, Edgewell Personal Care Company pabrik pembuat Banana Boat mengatakan bahwa pihaknya menarik sebagian produk tabir surya semprot merek Banana Boat setelah terdeteksi adanya zat karsinogen di dalamnya. Hal itu disampaikannya dalam siaran pers pada Jumat, 29 Juli 2022. 

Temuan zat Karsinogen di Banana Boat 

Dikutip dari CBS News, Sabtu (30/7/2022), Edgewell menyampaikan, produk yang ditarik sebanyak tiga batch Banana Boat Hair dan Scalp sunscreen. Produk ini terdapat jejak zat karsinogen benzena setelah dites oleh tinjauan internal. 

Food and Drug Administration (FDA) atau badan makanan dan obat-obatan AS mengumumkan, tingkat karsinogen memang tidak bersumber dari bahan tabir surya itu sendiri. Namun, zat karsinogen atau benzena itu terdeteksi ketika tabir surya disemprotkan dari kaleng. 

"Meskipun benzena bukan bahan dalam produk Banana Boat, tinjauan menunjukkan bahwa kadar benzena yang tidak terduga berasal dari propelan yang menyemprotkan produk dari kaleng," ujar Edgewell. 

Baca Juga: Bisa Hati-Hati saat Membeli, Kenali Ciri-Ciri Obat Palsu dengan Obat Asli Ini

Daftar produk yang ditarik 

Dilansir dari Washington Post, Senin (1/8/2022), setelah diketahui pemicu terdeteksinya zat benzena karsinogen, produsen Banana Boat pun segera menarik sejumlah produknya. 

Penarikan itu mencakup kaleng semprotan Banana Boat dari tabir surya SPF 30 Hair & Scalp Defense dengan kode produk 0-79656-04041-8. Kemudian, produk dengan salah satu dari tiga kode berikut: 20016AF, 20084BF, atau 21139AF. 

Apa itu Karsinogen atau Benzena? 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, benzena diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia yang dapat tertelan melalui inhalasi, kulit atau oral. 

Paparan jangka panjang dan berulang terhadap bahan kimia pada tingkat yang cukup tinggi dapat menyebabkan leukemia atau kanker lainnya. Sedangkan, dalam jangka pendek, mereka yang terpapar mungkin mengalami pusing, detak jantung tidak teratur atau gejala lainnya. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Teh Pelangsing yang Efektif dan Sudah Terdaftar BPOM

Belum ada laporan dari pelanggan FDA mengatakan bahwa produsen tabir surya, belum melihat adanya "efek samping" terkait penarikan tersebut. Pihak Edgewell juga mencatat, paparan harian terhadap jumlah benzena yang ditemukan dalam produk yang ditarik tidak diharapkan menyebabkan kesehatan yang merugikan. 

“Benzena ada di mana-mana di lingkungan,” tulis FDA dalam rilis. “Manusia di seluruh dunia memiliki paparan harian terhadapnya di dalam dan di luar ruangan dari berbagai sumber,” sambung pihak FDA. 

Mereka menjelaskan, paparan karsinogen harian juga ditemukan dalam bensin, karet, lilin dan berbagai produk lainnya. 

Akan berikan ganti rugi 

Sebagai informasi, Edgewell memproduksi berbagai toko obat favorit, termasuk merek Schick, Playtex, dan Hawaiian Tropic. Mereka juga memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 2,1 miliar. 

Dari adanya temuan zat karsinogen itu, pihak Edgewell menawarkan penggantian penuh bagi siapa saja yang membeli produk yang ditarik kembali. Hingga saat ini, tidak ada laporan pelanggan yang mengalami cedera atau kematian terkait dengan produk tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengandung Karsinogen, Produk Sunscreen Banana Boat Ditarik"
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru