Produksi Apple Tersendat, Pembeli Tak Dapat Temukan iPhone Terbaru saat Black Friday

Sabtu, 26 November 2022 | 11:10 WIB Sumber: Reuters
Produksi Apple Tersendat, Pembeli Tak Dapat Temukan iPhone Terbaru saat Black Friday


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sejumlah pembeli yang mencari ponsel terbaru Apple harus kembali dengan tangan kosong saat Black Friday. Pasalnya, kini Apple sedang berjuang dengan masalah produksi di China.

Di antara mereka adalah Sally Gannon dan putranya Michael, yang mengunjungi toko Apple di Bethesda, di mana mereka tidak menemukan stok iPhone Pro.

Demikian pula, Abisha Luitel ingin mendapatkan iPhone 14 Pro untuk sepupunya yang berusia 21 tahun. Tapi toko Apple yang dia kunjungi sedang keluar. Dia membeli versi lama, 12, sebagai gantinya.

Baca Juga: Kerumunan dan Transaksi di Black Friday Menipis, Dibayangi Kenaikan Inflasi

"Kekurangan iPhone semakin cepat dan menjadi pusat perhatian pagi ini pada Black Friday di banyak pengecer, Apple Store, dan saluran online," tulis analis Wedbush Dan Ives dalam sebuah catatan seperti dikutip Reuters, Sabtu (26/11).

"Kami percaya banyak Apple Store sekarang kekurangan iPhone 14 Pro berdasarkan model atau warna atau penyimpanan hingga 25%-30% di bawah normal menjelang Desember biasa, yang bukan pertanda baik menuju musim liburan untuk Cupertino," dia kata mengacu pada kantor pusat Apple.

Saham Apple berakhir turun 2,0% setelah sumber di pemasoknya Foxconn mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa produksi iPhone dapat terpukul lebih lanjut karena kerusuhan pekerja di pabrik tersebut.

Apple tidak menanggapi permintaan komentar pada hari Jumat. Dalam sebuah pernyataan pada 7 November, dikatakan pengiriman iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Pabrik Foxconn di China membuat model premium Apple termasuk iPhone 14 Pro terbaru, kata seorang sumber kepada Reuters.

Pabrik tersebut, pabrik Apple iPhone terbesar di dunia, telah bergulat dengan pembatasan COVID-19 yang ketat yang telah memicu ketidakpuasan di kalangan pekerja dan mengganggu produksi menjelang liburan Natal dan Tahun Baru Imlek di bulan Januari.

Baca Juga: Wall Street: Nasdaq Turun, Investor Cermati Penjualan Black Friday dan Covid di China

Di toko Apple di mal Bethesda, Maryland, seorang karyawan mengatakan hampir tidak ada stok 14 Pro dan Pro Max. Karyawan lain di sebuah toko di Raleigh, Carolina Utara mengatakan bahwa stok iPhone 14 tinggal sedikit, sedangkan iPhone 14 Plus benar-benar habis.

Sally Gannon mengatakan bahwa dia dan putranya sekarang cenderung memesan iPhone secara online. Dia mengatakan seorang karyawan toko Apple memberi tahu mereka bahwa telepon yang dipesan secara online akan dikirimkan pada 28 Desember.

Jaringan elektronik AS Best Buy memperingatkan awal pekan ini tentang kekurangan iPhone kelas atas di tokonya pada musim liburan ini.

Ives dari Wedbush memperkirakan sekitar 8 juta iPhone akan terjual pada akhir pekan Black Friday, turun dari 10 juta tahun lalu, terutama karena tantangan pasokan.

Dan jika Anda ingin berbelanja online, katanya waktu tunggu di situs web Apple sekarang hingga 40 hari untuk iPhone 14 Pro baru, yang hanya akan bertambah selama beberapa minggu mendatang karena semakin banyak konsumen mencoba menemukan iPhone Pro untuk dibeli sebagai hadiah.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru