kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Profil dan sejarah Barbados, negara yang baru saja memisahkan diri dari Inggris


Rabu, 01 Desember 2021 / 15:05 WIB
​Profil dan sejarah Barbados, negara yang baru saja memisahkan diri dari Inggris
ILUSTRASI. ?Profil dan sejarah Barbados, negara yang baru saja memisahkan diri dari Inggris.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Barbados resmi menjadi republik dan mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Dame Sandra Mason dilantik sebagai Presiden pertama Barbados dalam sebuah acara yang bertepatan dengan peringatan 55 tahun kemerdekaan negara itu.

Negara Barbados mungkin masih belum diketahui oleh sebagian orang. Sehingga, muncul pertanyaan tentang di mana Barbados? Barbados terletak di ujung Tenggara Kepulauan Karibia.

Bridgetown adalah ibu kota Barbados dan kota terbesar di negara ini. Salah satu tokoh masyarakat paling terkenal yang berasal dari Barbados adalah penyanyi Rihanna.

Lantas, bagaimana profil dan sejarah Barbados?

Baca Juga: CEO Indodax merespons istilah metaverse yang tengah booming

Sejarah Barbados

Barbados

Pada 1620-an, wilayah Barbados pertama kali dihuni dan menjadikannya salah satu koloni Inggris paling awal. Hal ini telah membuat Barbados menjadi penghubung utama antara Eropa Barat, terutama Inggris Raya, kawasan Karibia, dan daratan Amerika Selatan.

Dirangkum dari situs Britannica, dari abad ke-17 hingga 1966, Barbados menjadi milik Inggris sepenuhnya. Hal ini membuat budaya Barbados lebih kental dengan budaya Inggris dibandingkan daerah lain di Kepulauan Karibia.

Namun, unsur budaya Afrika dari mayoritas penduduk di Barbados juga masih menonjol. Pada 1966, Barbados merdeka dari Inggris setelah Federasi Hindia Barat dibentuk.

Kemerdekaan Barbados diakui oleh Inggris melalui pengesahan Barbados Independence Act 1966. Undang-undang ini memberi Barbados status tanggungjawab penuh dalam Persemakmuran Inggris.

Sebelum menjadi republik, Ratu Elizabeth II tetap menjadi kepala negara dengan gelar Ratu Barbados, tetapi diwakili oleh Gubernur Jenderal di Barbados.

Baca Juga: Rihanna, musisi wanita terkaya di dunia, ini nilai dan sumber kekayaannya




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×