kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​Profil Laos, satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut


Selasa, 15 September 2020 / 13:10 WIB
​Profil Laos, satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut
ILUSTRASI. Bendera Laos. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut. Negara yang beribu kota di Vientiane ini merayakan hari kemerdekaannya setiap 2 Desember.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, Republik Demokratik Rakyat Laos berdiri pada 2 Desember 1975. 

Negara anggota ASEAN ini menganut sistem partai tunggal yaitu Partai Revolusioner Rakyat Laos (PRRL), dengan ideologi komunis yang memiliki organisasi sayap yang mengatur kebijakan dan mengendalikan seluruh aspek kehidupan di Laos.

Sistem pemerintahan Laos adalah kabinet parlementer dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Presiden dan wakil presiden dipilih oleh National Assembly (NA) untuk masa bakti 5 tahun. 

Baca Juga: Militerisasi di Laut China Selatan, Menlu Retno: Satu kata, mengkhawatirkan

Sementara perdana menteri dan anggota kabinet ditunjuk oleh presiden atas persetujuan NA, yang merupakan Majelis tipe Uni-Kameral dan anggotanya
dipilih oleh rakyat Laos. 

Melalui kebijakan New Economic Mechanism (NEM) tahun 1986, Laos mulai membuka diri dan berinteraksi dengan masyarakat internasional lewat berbagai pembenahan. Kebijakan tersebut secara nyata berhasil menarik investasi asing dan meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

Sejalan dengan kemajuan ekonomi, Pemerintah Laos menargetkan keluar dari status least developed countries (LDC) atau negara terbelakang pada 2020. 

Jumlah penduduk dan bahasa nasional Laos

Berdasarkan data Worldometers, jumlah penduduk Laos mencapai 7.298.125 juta per Senin, 14 September 2020. Rata-rata penduduk Laos berusia 24,4 tahun.

Bahasa nasional Laos adalah Lao, Prancis, dan Inggris. Sementara produk domestik bruto (PDB) Laos mencapai US$ 14,8 miliar pada 2017. Sedangkan agama di Laos yang dianut penduduknya mayoritas adalah Budha. 

Baca Juga: Menlu Retno: Indonesia tidak ingin terjebak oleh persaingan AS dan China




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×