kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Protes kudeta militer, puluhan ribu rakyat Myanmar turun ke jalan


Minggu, 07 Februari 2021 / 14:33 WIB
Protes kudeta militer, puluhan ribu rakyat Myanmar turun ke jalan
ILUSTRASI. Kendaraan bersenjata Tentara Myanmar berkendara melewati sebuah jalan setelah mereka mengambil kekuasaan dalam sebuah kup di Mandalay, Myanmar, Selasa (2/2/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - YANGON. Puluhan ribu orang menggelar aksi unjuk ras hari kedua di kota terbesar Myanmar, Yangon pada Minggu (7/2). Ribuan warga Myanmar lainnya juga turun ke jalan di seluruh negeri untuk memprotes kudeta junta militer dan penahanan pemimpin terpilih Myanmar Aung San Suu Kyi pekan lalu.

Massa di Yangon, membawa balon merah, warna yang mewakili Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Suu Kyi, dan meneriakkan, “Kami tidak ingin kediktatoran militer! Kami ingin demokrasi!".

Militer Myanmar merebut kekuasaan pada Senin dini hari lalu, membuat transisi demokrasi negara Asia Tenggara yang bermasalah itu tiba-tiba terhenti dan memicu kemarahan internasional.

Pada Sabtu (6/2), puluhan ribu orang turun ke jalan dalam protes massal pertama sejak kudeta, ketika junta memutus akses internet dan membatasi saluran telepon.

Baca Juga: Junta Myanmar memblokir jaringan internet

Pada hari Minggu pagi, kerumunan besar-besaran dari seluruh penjuru Yangon berkumpul di kotapraja Hledan, beberapa berjalan melewati lalu lintas yang macet, dan berbaris di bawah sinar matahari yang cerah di tengah jalan.

Mereka mengibarkan bendera NLD dan memberi hormat tiga angka yang telah menjadi simbol protes terhadap kudeta. Pengemudi membunyikan klakson dan penumpang mengangkat foto pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Suu Kyi.

Adegan yang disiarkan di Facebook adalah beberapa dari sedikit yang telah keluar dari negara itu sejak junta menutup internet dan membatasi saluran telepon pada hari Sabtu.

Tidak ada komentar dari junta militer Myanmar soal ini. Markas militer ada di ibu kota Naypyitaw, lebih dari 350 km (220 mil) utara Yangon.

“Mereka sudah mulai mematikan internet. Jika mereka lebih berkuasa, mereka akan lebih menekan pada pendidikan, bisnis, dan kesehatan,” kata Thu Thu, 57 tahun yang ditangkap oleh junta sebelumnya selama protes pro-demokrasi di akhir 1980-an. “Inilah mengapa kami harus melakukan ini,” katanya.

“Kami tidak dapat menerima kudeta,” kata seorang pria berusia 22 tahun yang datang dengan 10 temannya, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. “Ini untuk masa depan kita. Kita harus keluar."

Nasib Aung San Suu Kyi

Pada tengah hari sekitar 100 orang turun ke jalan dengan sepeda motor di kota pesisir Mawlamyine di tenggara, dan mahasiswa serta dokter berkumpul di kota Mandalay di Myanmar tengah.

Ratusan kerumunan lainnya bermalam di luar kantor polisi di kota Payathonzu di negara bagian Karen di tenggara, tempat anggota parlemen NLD diyakini telah ditangkap. Mereka tetap di luar di pagi hari, menyanyikan lagu-lagu pro-demokrasi.

Baca Juga: Facebook mendesak pembukaan pemblokiran media sosial di Myanmar




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×