kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya segudang manfaat, teknologi QR Code dianugerahi penghargaan internasional


Senin, 19 Oktober 2020 / 07:34 WIB
Punya segudang manfaat, teknologi QR Code dianugerahi penghargaan internasional
ILUSTRASI. Salah satu fungsi QR Code yang saat ini banyak digunakan adalah dalam hal pembayaran non-tunai.


Sumber: Kyodo | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Quick Response Code atau QR Code dalam beberapa tahun terakhir semakin akrab di masyarakat. Berkat fungsi QR Code yang beragam, teknologi digital yang satu ini baru saja menerima penghargaan internasional.

QR Code ditemukan di Jepang pada tahun 1990-an oleh Denso Wave Inc, anak perusahaan pembuat suku cadang mobil Denso Corp. Awal bulan ini Denso menerima penghargaan IEEE Milestone yang berbasis di AS atas teknologi serta fungsi QR Code yang dinilai memiliki dampak nyata pada perkembangan dunia.

Secara umum, IEEE Milestone Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers AS, kepada pencapaian elektronik di seluruh dunia. QR Code berhasil memenangkan penghargaan ini karena dampaknya yang besar dalam perkembangan teknologi digital.

Baca Juga: Mengenal Tadashi Yanai, bos Uniqlo yang jadi orang terkaya di Jepang

Kyodo mengabarkan, IEEE Milestone Award yang telah diadakan sejak tahun 1997 telah memberi pengakuan kepada total 207 penemuan hingga akhir tahun 2019. Sementara QR Code adalah penemuan pertama Denso yang memenangkan penghargaan ini.

QR Code memiliki kemampuan untuk menyimpan dan membawa informasi 200 kali lebih banyak dari kode batang (barcode). Sistem kode ini pertama kali dikembangkan tahun 1994 untuk memaksimalkan manajemen inventaris di perusahaan-perusahaan Jepang.

Berbeda dengan barcode, QR Code bisa diterjemahkan dari berbagai sudut dan relatif lebih mudah dikenali bahkan jika dikelilingi oleh gambar atau kata-kata.

Data yang tersimpan dalam QR Code juga lebih mudah dikembalikan jika ada bagian dari kode yang hilang atau rusak. Fungsi QR Code yang lebih efisien ini membuatnya menjadi pilihan utama untuk sistem pengenalan di berbagai bidang.

Baca Juga: Begini respons Jepang setelah Korea Utara pamerkan rudal balistik antarbenua




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×