kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pusat ilmiah Rusia buktikan kemanjuran vaksin polio terhadap Covid-19


Kamis, 06 Mei 2021 / 10:21 WIB
Pusat ilmiah Rusia buktikan kemanjuran vaksin polio terhadap Covid-19
ILUSTRASI. Vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Pusat Ilmiah Federal Chumakov Rusia pada hari Rabu (5/5) berhasil membuktikan kemanjuran vaksin polio untuk melawan virus corona penyebab Covid-19.

Aidar Ishmukhametov, direktur pusat Chumakov menyampaikan bahwa pihaknya telah menyuntik sukarelawan dengan vaksin polio hidup dan menemukan adanya penurunan dramatis dalam proses perkembangan virus corona.

"Sejauh ini, kami telah mengesampingkan masalah kemanjuran ini sebagai, bisa dikatakan, opsi darurat," ungkap Ishmukhametov dalam sebuah wawancara dengan kanal televisi Rossiya-1, seperti dikutip TASS.

Menurut Ishmukhametov, penelitian tersebut melibatkan lebih dari 600 orang di kota Kirov. Jumlah yang terbilang cukup sedikit untuk membuktikan khasiat sesungguhnya,

Untuk sementara penelitian pastinya masih akan dilanjutkan demi melihat apakah vaksin polio benar-benar ampuh melawan virus corona penyebab Covid-19.

Pusat Chumakov juga belum mempublikasikan banyak hasil penelitian, termasuk hubungan antara vaksin penyakit polio yang menyerang saraf dengan Covid-19 yang secara khusus menargetkan sistem pernapasan.

Baca Juga: Terapi sel punca alias stem cell untuk menyembuhkan pasien Covid-19

Pusat Ilmiah Federal Chumakov untuk Penelitian dan Pengembangan Produk Kekebalan Tubuh dan Biologi berperan penting dalam mengembangkan vaksin CoviVac, salah satu vaksin Covid-19 yang terdaftar di Rusia.

Vaksin CoviVac bekerja dengan menggunakan virion utuh yang mati sendiri untuk melawan infeksi virus corona. Vaksin CoviVac telah terdaftar di kementerian kesehatan Rusia pada 19 Februari.

Vaksin dengan virion utuh didasarkan pada virus yang dilemahkan secara artifisial yang tidak mampu menyebabkan penyakit atau virus yang mematikan.

Selanjutnya: Vaksin Sputnik V dari Rusia disebut ampuh mengatasi varian virus corona India




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×