kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putri Pertama Raja Pingsan & Dirawat di RS, Warga Thailand Ramai-Ramai Berdoa


Selasa, 20 Desember 2022 / 12:09 WIB
Putri Pertama Raja Pingsan & Dirawat di RS, Warga Thailand Ramai-Ramai Berdoa
ILUSTRASI. Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati, anak tertua Raja Thailand, masih dirawat di rumah sakit.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati, anak tertua Raja Thailand, masih dirawat di rumah sakit. Saat ini, menurut Istana Kerajaan, kondisinya secara keseluruhan tetap stabil "pada tingkat tertentu".

Melansir The Straits Times, meski penyakitnya tidak diungkapkan, istana menambahkan bahwa obat-obatan dan peralatan digunakan untuk mendukung fungsi jantung, paru-paru, dan ginjalnya.

"Gejala (dia) sedang dipantau secara ketat," kata pernyataan itu. 

Ini adalah pernyataan terbaru yang relatif luas dari kondisi wanita berusia 44 tahun itu sejak dia jatuh pingsan karena penyakit jantung Rabu lalu.

Dia pingsan saat sesi pelatihan anjing militer di distrik Pak Chong di timur laut provinsi Nakhon Ratchasima. Dia dirawat di rumah sakit setempat sebelum diterbangkan ke Rumah Sakit King Chulalongkorn Memorial Bangkok.

Memberikan perincian lebih lanjut tentang kondisinya, istana mengatakan detak jantungnya dikendalikan oleh obat-obatan, dan hasil tes menunjukkan organ tersebut masih belum memompa secara normal.

Baca Juga: Ke Jerman, Raja Thailand booking seluruh lantai hotel Hilton Munich Airport

Namun, pemeriksaan rontgen jantung tidak menunjukkan adanya kelainan, tambahnya.

Ada curahan perhatian dan harapan sembuh sejak Putri Bajrakitiyabha, seorang anggota senior keluarga kerajaan, seorang diplomat, dan pengacara ulung, dirawat di rumah sakit.

Selama akhir pekan, kegiatan keagamaan dan sesi doa diadakan secara nasional oleh berbagai kelompok dan organisasi berbasis agama. Orang-orang juga telah mengunjungi bangunan yang disisihkan di Rumah Sakit Memorial King Chulalongkorn untuk menuliskan penghormatan kepadanya.

Beberapa lembaga pemerintah, seperti Kantor Pengadilan, telah meminta karyawan untuk mengambil bagian dalam pemberian jasa untuk membantu pemulihan sang Putri, dan menahan diri untuk mengadakan perayaan meriah.

Sementara itu, Raja Maha Vajiralongkorn, 70, dan istrinya, Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, 44, yang mengunjungi Putri awal pekan lalu, dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu lalu. Mereka memiliki gejala ringan dan diminta untuk sementara tidak menjalankan tugas, kata Biro Rumah Tangga Kerajaan.

Baca Juga: Lazada Kena Boikot di Thailand Gara-gara Video Iklan yang Mengejek Keluarga Kerajaan

Putri Bajrakitiyabha adalah anak tunggal dari pernikahan Raja dengan istri pertamanya, Putri Soamsawali. Dia adalah anak tertua dari tujuh bersaudara Raja dari empat pernikahan.

Sang Putri juga secara luas dianggap sebagai salah satu kandidat yang mungkin, termasuk saudara tirinya yang berusia 17 tahun, Pangeran Dipangkorn Rasmijoti, yang akan naik takhta. Namun, istana belum secara resmi mengumumkan pewaris.




TERBARU

[X]
×