kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,05   -0,67   -0.07%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Qatar Akan Kocok Ulang Portofolio Investasi Senilai US$ 450 Miliar


Selasa, 17 Januari 2023 / 14:35 WIB
Qatar Akan Kocok Ulang Portofolio Investasi Senilai US$ 450 Miliar
ILUSTRASI. Perusahaan investasi Qatar, Otoritas Investasi Qatar (QIA) berencana mengatur ulang portofolionya yang senilai US$ 450 miliar.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - DOHA. Perusahaan investasi Qatar, Otoritas Investasi Qatar (QIA) berencana mengatur ulang portofolionya yang senilai US$ 450 miliar. Ini menyusul adanya gejolak ekonomi global terutama terkait inflasi.

Kepala Eksekutif QIA Mansoor Al Mahmoud mengatakan, saat ini QIA mempertimbangkan portofolio untuk berinvestasi di sektor teknologi, lembaga keuangan, dan olahraga. Mereka sedang mencari peluang untuk investasi tersebut di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat.

“Kami menyoroti kelemahan yang kami miliki dalam portofolio kami dan kami menunggu koreksi semacam ini di pasar untuk memenuhi kelemahan yang kami miliki,” ujar Al Mahmoud dikutip dari Reuters, Selasa (17/1).

Setelah Qatar sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia termahal yang pernah ada, Al Mahmoud juga bilang, QIA mempertimbangkan untuk berinvestasi di klub sepakbola, tetapi belum memutuskan apakah akan menarik pelatuk investasi tertentu.

Menurutnya, olahraga menjadi sektor yang penting, karena orang lebih terlibat dalam olahraga dan digitalisasi membuatnya lebih menarik bagi investor.

Baca Juga: Dubai UEA Hapuskan Pajak Minuman Keras demi Memikat Kedatangan Turis Asing

Qatar sudah memiliki klub Liga Champions Paris Saint-Germain melalui Qatar Sports Investments, dan negara Teluk kecil itu menargetkan klub-klub top Liga Premier Inggris seperti Manchester United, Liverpool FC dan Tottenham Hotspur.

Meski demikian, investasi di lembaga keuangan tetap menjadi pilar yang sangat penting dalam portofolio QIA dan akan terus berinvestasi di dalamnya. Ditambah, bergerak untuk investasi di fintech.

Seperti diketahui, dana kekayaan negara dari kawasan Teluk yang kaya minyak ini terus menjadi pengakuisisi aktif tahun lalu bahkan ketika volume kesepakatan global turun dan bank memangkas pinjaman bank untuk akuisisi.

QIA pada bulan Oktober 2022 lalu setuju untuk menginvestasikan € 2,4 miliar (US$ 2,5 miliar) di RWE AG untuk mendukung pembelian utilitas Jerman atas aset terbarukan AS. Investasi itu juga merupakan investor landasan dalam IPO merek mobil sport Porsche AG dan telah berinvestasi dalam serangkaian startup teknologi.

Baca Juga: Tottenham Hotspurs, MU dan Liverpool Jadi Incaran Investor Qatar




TERBARU

[X]
×