kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,58   -6,78   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rajin diversifikasi bisnis, Uber kian merugi


Selasa, 05 November 2019 / 17:10 WIB
Rajin diversifikasi bisnis, Uber kian merugi
ILUSTRASI. The Logo of taxi company Uber is seen on the roof of a private hire taxi in Liverpool, Britain, April 15, 2019. REUTERS/Phil Noble


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kinerja pemain ride hailing atau transportasi online berbasis platform Uber Technologies Inc makin tertekan. Berdasarkan laporan kinerja pada dirilis pada Senin (4/11), perusahaan ini membukukan kerugian pada kuartal ketiga yang lebih dalam.

Mengutip Reuters pada Selasa (5/11), kerugian terjadi lantaran Uber berusaha untuk mengalahkan pesaing melalui diskon dan investasi dalam usaha bisnis baru yang malah merugi. Kerugian ini mengiring penurunan harga saham sejauh 5,5%.

Baca Juga: Demi mempertegas posisi, Facebook punya logo baru

Namun demikian, Uber berjanji akan mendulang keuntungan pada akhir 2021. Sebab perusahaan masih akan mengandalkan pendapatan triwulanan yang didorong oleh bisnis global yang masih naik.

Kepala Eksekutif Uber Dara Khosrowshahi mengatakan bahwa secara keseluruhan pihaknya akan mencapai profitabilitas earnings before interest, taxes, depreciation and amortization (EBITDA) untuk kinerja perusahaan pada 2021 mendatang. Namun Ia menolak untuk memberikan rincian tentang kinerja unit bisnis individu nantinya.

Pengeluaran Uber melonjak sekitar 33% menjadi US$ 4,92 miliar pada kuartal terakhir. Sementara bisnis pemesanan layanan transportasi, pengiriman makanan, dan pembayaran pengiriman, naik 29% dari tahun sebelumnya menjadi US$ 16,47 miliar.

Secara keseluruhan, kerugian bersih perusahaan melebar menjadi US$ 1,16 miliar pada kuartal yang berakhir 30 September. Nilai ini turun dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar US$ 986 juta. 

Baca Juga: Pasca merilis mesin baru, Iran bakal aktifkan sentrifugal pengayaan uranium

Sementara kerugian bersih per saham turun menjadi 68 sen dari US$ 2,21.

"Uber akan mencatat EBITDA positif jika tidak berinvestasi dalam Uber Eats, operasi pengangkutan dan teknologi kendaraan otonom," kata analis Atlantic Equities James Cordwell.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×