kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reaksi Pemimpin Dunia Pasca Tragedi Halloween di Korea Selatan


Senin, 31 Oktober 2022 / 08:37 WIB
Reaksi Pemimpin Dunia Pasca Tragedi Halloween di Korea Selatan
ILUSTRASI. Para pemimpin dunia menyatakan belasungkawa setelah 151 orang tewas dalam tragedi Halloween di Korsel. Yonhap via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Para pemimpin dunia menyatakan kesedihan dan belasungkawa setelah sedikitnya 151 orang tewas dalam tragedi Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam di Seoul, Korea Selatan.

Melansir AP, tragedi itu terjadi di distrik Itaewon Seoul selama perayaan Halloween ketika kerumunan besar memasuki gang sempit yang menurun. Setidaknya 82 lainnya terluka dalam insiden paling mematikan di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan "belasungkawa terdalam" mereka kepada keluarga almarhum.

"Kami berduka bersama rakyat Republik Korea dan berharap pemulihan cepat bagi semua yang terluka," kata Presiden Biden dalam tweet.

"Amerika Serikat mendukung Republik Korea selama masa tragis ini."

Demikian pula, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menggambarkan berita dari Seoul sebagai hal "mengerikan" di Twitter.

Baca Juga: Tragedi Halloween Itaewon, Jokowi Sampaikan Belasungkawa

"Semua pikiran kami bersama mereka yang saat ini merespons dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini," tulis Sunak.

Karakter internasional Itaewon dibentuk oleh kedekatannya dengan garnisun militer AS di dekatnya. Daerah ini masih menjadi rumah bagi restoran, bar, dan bisnis lain yang melayani komunitas Amerika di Seoul.

Pasukan AS Korea, yang memimpin kehadiran militer Amerika yang cukup besar di negara itu, menyatakan belasungkawa dalam sebuah posting Facebook.

"Komunitas Itaewon telah membuka tangannya kepada kami selama bertahun-tahun dan merupakan bagian dari alasan mengapa Aliansi kami begitu kuat," kata perintah itu, yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Korea.

Baca Juga: Tragedi Halloween Itaewon, 2 WNI Menjadi Korban Luka Ringan

"Selama masa duka ini, kami akan berada di sana untuk Anda sama seperti Anda telah ada untuk kami."

Para pemimpin dari negara-negara termasuk Jepang, Prancis, China dan Singapura bereaksi dengan kaget dan sedih atas tragedi di Seoul.

"Saya sangat terkejut dan sangat sedih dengan kecelakaan yang sangat tragis di Itaewon, Seoul, yang merenggut banyak nyawa berharga, termasuk orang-orang muda dengan masa depan mereka di depan mereka," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam sebuah tweet.

Di Prancis, Presiden Emmanuel Macron - yang mentweet dalam bahasa Prancis dan Korea - menawarkan dukungan kepada penduduk Seoul dan Korea Selatan.

"Prancis bersamamu," katanya.




TERBARU

[X]
×