kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45883,06   -37,05   -4.03%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Relawan uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca di Brasil meninggal


Kamis, 22 Oktober 2020 / 05:17 WIB
Relawan uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca di Brasil meninggal
ILUSTRASI. Warga berjalan di pasar jalan Saara, di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (7/10/2020). REUTERS/Pilar Olivares


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SAO PAULO/FRANFURT. Otoritas kesehatan Brasil Anvisa mengatakan pada Rabu (21/10/2020) bahwa seorang relawan dalam uji klinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford telah meninggal dunia. Meski demikian, uji coba vaksin akan tetap dilanjutkan.

Melansir Reuters, Oxford mengonfirmasi rencana untuk terus melakukan pengujian, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setelah penilaian yang cermat "tidak ada kekhawatiran tentang keamanan uji klinis."

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa persidangan akan ditangguhkan jika relawan yang meninggal setelah menerima vaksin Covid-19, menunjukkan orang tersebut adalah bagian dari kelompok kontrol yang diberi vaksin meningitis.

CNN Brasil melaporkan bahwa relawan tersebut adalah seorang pria berusia 28 tahun yang tinggal di Rio de Janeiro dan meninggal karena komplikasi Covid-19.

Baca Juga: Rusia deteksi lebih dari 80 mutasi virus corona

Anvisa tidak memberikan rincian lebih lanjut, mengutip kerahasiaan medis dari mereka yang terlibat dalam uji coba.

AstraZeneca langsung menolak berkomentar.

Universitas Federal Sao Paulo, yang membantu mengoordinasikan uji klinis fase 3 di Brasil, secara terpisah mengatakan relawan tersebut adalah warga Brasil tanpa mengungkapkan di mana orang tersebut tinggal.

Baca Juga: Tiga provinsi ini ungkap kesiapan dalam pelaksanaan vaksinasi corona

Menurut juru bicara universitas, keberlangsungan uji coba vaksin akan diserahkan pada keputusan dewan peninjau independen. Dewan tersebut terdiri dari para ahli bukan dari AstraZeneca, atau universitas maupun pusat penelitian biomedis Brasil FioCruz yang berencana memproduksi vaksin di Brasil.




TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×