kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rencana Besar Alibaba dan Dampaknya Terhadap Industri Teknologi China


Rabu, 29 Maret 2023 / 15:55 WIB
Rencana Besar Alibaba dan Dampaknya Terhadap Industri Teknologi China
ILUSTRASI. Alibaba Group Holding Ltd telah menggemparkan pasar dengan rencananya membagi bisnisnya. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Alibaba Group Holding Ltd telah menggemparkan pasar dengan rencananya membagi bisnisnya yang memiliki total aset US$ 220 miliar. Rencana itu pun dinilai dapat memberikan dampak yang besar bagi industri teknologi di China.

Dampak paling pertama yang dirasakan ialah kenaikan saham Alibaba dan rekan-rekan raksasa teknologi lainnya. Saham Alibaba telah melonjak lebih dari 16% di Hong Kong, sedikit lebih banyak daripada yang dikelolanya di New York, menambah lebih dari US$ 30 miliar nilai pasarnya.

Saingan termasuk Tencent Holdings Ltd. juga melonjak, karena antisipasi bahwa rekan-rekan Alibaba mungkin mengeksplorasi tindakan serupa dalam rezim peraturan yang dilonggarkan.

Saham Meituan menguat lebih dari 5% sementara saham Tencent Holdings Ltd. dan Baidu Inc. naik lebih dari 2%.

Baca Juga: Berkat Alibaba, Saham Softbank Melonjak 5,6% di Hari Ini

Alibaba akan membagi kerajaannya menjadi enam unit yang secara individual akan mengumpulkan dana dan menjajaki penawaran umum perdana. Dengan hal itu, Alibaba berhasil mencapai dua tujuan yang telah menghindari banyak saingannya, antara lain menenangkan pemerintah yang tidak percaya pada raksasa teknologi dan investor yang trauma dengan tindakan keras peraturan selama bertahun-tahun.

Pemerintahan Xi Jinping telah lama mengkritik pengaruh platform online, khawatir bahwa memusatkan kekuasaan dan data di antara beberapa perusahaan teknologi menekan inovasi dan mengancam cengkeraman kekuasaan Partai. 

Alibaba dan Tencent berinvestasi di ratusan startup selama bertahun-tahun, seringkali membantu membentuk seluruh segmen internet konsumen mulai dari transportasi online hingga pengiriman bahan makanan.

“Untuk Beijing, ini mengatasi kekhawatiran atas penyalahgunaan kekuasaan monopolistik oleh raksasa internet,” tulis analis Evercore ISI Neo Wang dan Gin Wang dikutip dari Bloomberg, Rabu (29/3).

Menurutnya, langkah yang dilakukan Alibaba ini juga bisa berfungsi sebagai benchmark untuk rekan-rekan Alibaba. Meskipun, dirinya tidak mengharapkan langkah serupa dalam waktu dekat.

Pengumuman Alibaba Selasa bertepatan dengan kembalinya salah satu pendiri miliarder Jack Ma ke China setelah lebih dari setahun di luar negeri. 
Pemilihan waktu tersebut memicu spekulasi bahwa pemerintah akhirnya melepaskan belenggu dari salah satu nama perusahaan paling terkenal di negara itu.

Ini juga merupakan sinyal kuat bahwa Alibaba siap untuk menarik investor dan pasar publik, setelah tindakan keras pemerintahan Xi Jinping di bidang internet menghapus lebih dari US$ 500 miliar nilainya. 

Perombakan Selasa membebaskan divisi utama Alibaba dari e-commerce dan media ke cloud untuk beroperasi dengan otonomi yang jauh lebih besar, meletakkan dasar untuk spin-off dan debut pasar di masa depan.

Di luar politik dalam negeri, para bankir dan investor memuji langkah tersebut. Pemecahan perusahaan sering menghasilkan nilai bagi pemegang saham dengan memusatkan perhatian pada bisnis menguntungkan yang dipisahkan dari induknya, atau dapat memperbaiki bagian-bagian perusahaan dengan mengesampingkan divisi yang merugi. 

Analis Bernstein termasuk Robin Zhu mengatakan unit bisnis Alibaba bisa bernilai lebih dari perusahaan secara keseluruhan. Mereka memperkirakan bahwa saham Alibaba dapat bernilai masing-masing US$ 164 berdasarkan jumlah analisis komponen, dibandingkan dengan harga penutupan US$ 86,12 sebelum pengumuman.

Baca Juga: Alibaba Group Memecah Perusahaan Menjadi Enam Unit Bisnis

“Beijing tidak membubarkan lini bisnis Alibaba, yang berarti baby Alibaba's masih mempertahankan pangsa pasar mereka di wilayah masing-masing, termasuk kekuatan monopoli di ritel online,” tulis analis Evercore.

Sebelumnya, Alibaba telah sukses sebelumnya dengan spin-off. Itu melepaskan Alipay pada tahun 2010, sebuah langkah yang tidak populer pada saat itu yang tetap mengarah pada pembentukan Ant Group Co. Afiliasi fintech yang dikendalikan oleh Ma hampir melakukan IPO terbesar di dunia sebelum Beijing menghentikannya, dan mengatakan itu akan mempertimbangkan putaran kedua di pasar.

Beberapa analis berspekulasi bahwa langkah Alibaba mungkin membuka jalan bagi afiliasi fintech raksasanya untuk mengikuti, meskipun kedua perusahaan beroperasi secara independen dan mandiri.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×