kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,43   -1,95   -0.26%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Resmi, Yoshihide Suga terpilih jadi Perdana Menteri Jepang ke-99


Rabu, 16 September 2020 / 13:26 WIB
Resmi, Yoshihide Suga terpilih jadi Perdana Menteri Jepang ke-99
ILUSTRASI. Yoshihide Suga terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang yang ke-99.

Sumber: Japan Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Yoshihide Suga resmi terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang yang ke-99 hari ini, Rabu (16/9). Suga menggantikan Shinzo Abe yang mundur karena alasan kesehatan akhir bulan lalu.

Suga akan memulai era baru Pemerintahan Jepang yang selama satu dekade terakhir dipimpin oleh Shinzo Abe. Abe juga merupakan perdana menteri dengan masa jabatan terlama dalam sejarah Jepang.

Setelah ini, Suga akan bergegas menyusun kabinet untuk membantu tugas barunya memimpin negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Nama Suga sudah lama disebut sebagai calon terkuat pengganti Abe. Bahkan, sebelum Abe mengumumkan pengunduran dirinya.

Kedekatannya dengan Abe sejak 2007 dinilai sebagai modal penting Suga untuk bisa meneruskan serangkaian program ekonomi dan politik yang telah Perdana Menteri ke-98 ini bangun.

Baca Juga: Menang telak pemungutan suara, Yoshihide Suga jadi PM Jepang gantikan Shinzo Abe

Susunan kabinet baru Suga

Japan Times melaporkan, dari 20 anggota kabinet yang akan bekerja dengan Suga, hanya lima di antaranya yang merupakan nama baru.

Salah satu nama baru yang kabarnya akan masuk ke jajaran eksekutif adalah adik Abe, Nobuo Kishi, yang mengisi kursi menteri pertahanan.

Di posisi strategis, Suga memilih untuk mempertahankan Taro Aso sebagai menteri keuangan, Toshimitsu Motegi sebagai menteri luar negeri, dan Yasutoshi Nishimura sebagai menteri yang bertanggung jawab atas revitalisasi ekonomi dan respons terhadap wabah virus corona.

Menteri Pertahanan terdahulu, Taro Kono, kini diangkat menjadi menteri yang bertanggung jawab atas reformasi administrasi, berkat pengalamannya bekerja di pemerintahan.

Sebagai penggantinya di posisi Kepala Sekretaris Kabinet, Suga menunjuk Katsunobu Kato, yang sebelumnya menjabat menteri kesehatan. Kato sebelumnya juga pernah menjadi wakil sekretaris kabinet untuk Suga pada periode 2012-2015.

Baca Juga: Banjir dukungan untuk Yoshihide Suga sebagai PM Jepang selanjutnya menggatikan Abe

Demi menjaga stabilitas pemerintahan, Suga memilih lima anggota parlemen dari kubu Hiroyuki Hosoda yang sebelumnya mendukung Abe. Kubu Hosoda juga termasuk dalam lima faksi Partai Demokrat Liberal (LDP) yang mendukung pencalonan Suga.

Dua anggota lain dipilih dari faksi Fumio Kishida dan satu lagi dari faksi Shigeru Ishiba, yang pemimpinnya mencalonkan diri untuk melawan Suga.

Selanjutnya: Profil Yoshihide Suga, kandidat terkuat pengganti Shinzo Abe sebagai PM Jepang



TERBARU

[X]
×