kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Risiko Resesi Meningkat, Ekonomi Jepang Terkontraksi


Rabu, 15 November 2023 / 10:02 WIB
Risiko Resesi Meningkat, Ekonomi Jepang Terkontraksi
ILUSTRASI. Pelabuhan industri digambarkan di Tokyo, Jepang, 23 Mei 2019.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Perekonomian Jepang mengalami kontraksi pada Juli-September 2023, menghentikan ekspansi dua kuartal berturut-turut karena lemahnya konsumsi dan ekspor. Kondisi ini mempersulit upaya bank sentral Jepang untuk secara bertahap menghapuskan stimulus moneter besar-besaran di tengah meningkatnya inflasi.

Data tersebut menunjukkan tingginya inflasi berdampak buruk pada pengeluaran rumah tangga, dan menambah penderitaan bagi produsen karena melambatnya permintaan global termasuk di China.

“Mengingat tidak adanya mesin pertumbuhan, saya tidak terkejut jika perekonomian Jepang kembali mengalami kontraksi pada kuartal ini. Risiko Jepang jatuh ke dalam resesi tidak dapat dikesampingkan,” kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute seperti diberitakan Reuters, Rabu (15/11).

“Pertumbuhan yang lemah dan momok perlambatan inflasi dapat menunda keluarnya BOJ dari suku bunga negatif,” katanya.

Baca Juga: Indeks Nikkei Jepang Ditutup Melejit 2,37% pada Senin (6/11)

Produk domestik bruto (PDB) di negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut mengalami kontraksi 2,1% pada kuartalIII-2023. Data pemerintah menunjukkan pada hari Rabu, penurunan yang jauh lebih besar dari perkiraan median pasar yang memperkirakan penurunan tahunan sebesar 0,6%. 

Angka yang lemah ini mencerminkan lesunya konsumsi dan belanja modal, sehingga memupus harapan para pengambil kebijakan akan pulihnya aktivitas domestik pascapandemi untuk mengimbangi melemahnya permintaan eksternal dari Tiongkok dan negara lain.

Konsumsi datar pada bulan Juli-September setelah turun 0,9% pada kuartal sebelumnya, jauh di bawah perkiraan median ekonom yang memperkirakan pertumbuhan sebesar 0,2%.

Belanja modal turun 0,6% pada kuartal III setelah turun 1,0% pada bulan April-Juni 2023, mengacaukan perkiraan pasar yang memperkirakan kenaikan 0,3% dan menimbulkan keraguan terhadap pandangan BOJ bahwa investasi korporasi yang kuat akan mendukung pertumbuhan.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Siap Kucurkan Stimulus Ekonomi US$ 113 Miliar

Permintaan eksternal turun 0,1 poin persentase dari PDB pada bulan Juli-September, sesuai dengan ekspektasi, karena peningkatan impor jasa mengimbangi peningkatan ekspor otomotif.

“Angka yang mengecewakan pada kuartal ketiga menjadi pengingat serius bahwa negara ini belum keluar dari krisis,” kata Stefan Angrick, ekonom senior di Moody’s Analytics.

Dia mengatakan ekspor neto yang lebih baik, yang didukung oleh pengiriman mobil dan pariwisata, membantu mengangkat pertumbuhan pada kuartal kedua, mengabaikan lemahnya permintaan domestik.

“Sekarang pemulihan ekspor telah berjalan dengan baik, kelemahan tersebut kembali mengemuka,” kata Angrick.

Perekonomian Jepang mengalami pemulihan yang tertunda dari pandemi ini karena negara tersebut membuka kembali perbatasan dan menghapus pembatasan aktivitas, yang sebagian menyebabkan pertumbuhan yang kuat pada bulan April-Juni.

Baca Juga: Pesanan Mesin Jepang Turun, Perlambatan di Luar Negeri Membebani

Meskipun melemahnya yen telah memberikan keuntungan besar bagi eksportir, upah belum meningkat cukup cepat untuk mengkompensasi rumah tangga atas kenaikan inflasi yang terus-menerus.

Upah riil yang disesuaikan dengan inflasi, yang merupakan barometer daya beli konsumen, turun 2,4% pada bulan September dibandingkan tahun sebelumnya dan menandai penurunan selama 18 bulan berturut-turut.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah meningkatkan seruan kepada perusahaan-perusahaan untuk menaikkan gaji dan mengumumkan paket tindakan untuk meredam dampak ekonomi dari kenaikan biaya hidup, meskipun para analis meragukan tindakan tersebut akan berdampak banyak dalam merangsang perekonomian.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×