kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robert Kiyosaki Berbagi Tips Sederhana Mencapai Tujuan Keuangan


Jumat, 06 Oktober 2023 / 04:30 WIB
Robert Kiyosaki Berbagi Tips Sederhana Mencapai Tujuan Keuangan


Sumber: Yahoo Finance | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   PAKAR Keuangan Pribadi Robert Kiyosaki membeberkan tujuh langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Untuk mewujudkan tujuan keuangan, Kiyosaki mengatakan setiap orang memerlukan beberapa hal terlebih dahulu.

Kiyosaki menyebut beberapa hal itu sebagai pendukung mencapai tujuan keuangan. Ia memberiakn contoh seperti kehadiran teman, pakar keuangan, broker, mentor, dan guru yang harus menemani dalam perjalanan menuju tujuan keuangan kita.

Kemudian, setiap orang juga harus jujur pada diri sendiri dan mengetahui siapa dirinya, membuat rencana yang sesuai dengannya dan nilai-nilai yang dia yakini serta menentukan alasan dia mencapai tujuan keuangan tersebut.

Baca Juga: Dua Perbedaan Investasi Orang Kaya dan Orang Miskin Menurut Robert Kiyosaki

Oleh karena itu, jika setiap orang mengetahui alasan dia memulai perjalanan ini, maka ikutilah tujuh langkah berikut agar berhasil mencapai tujuan finansial Anda.

1. Ketahui Tujuan Anda

Tujuan apa yang ingin Anda capai? Seperti apa kehidupan impian Anda? Apa yang Anda butuhkan untuk sampai ke sana? Kiyosaki merekomendasikan untuk membuat pernyataan yang besar dan berani tentang tujuan keuangan yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri.

2. Buat Rencana

Setelah Anda mengetahui tujuan akhir Anda, Kiyosaki mengatakan langkah selanjutnya adalah membuat rencana. Rencana ini harus selalu ditulis, dibagikan kepada teman atau mentor sehingga mereka dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab, dan dapat direvisi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Ungkap Formula Rahasia untuk Jadi Miliarder

3. Pecahkan Tujuan Besar Jadi Tujuan yang Lebih Kecil

Beberapa tujuan finansial Anda mungkin menakutkan, terutama jika Anda belum pernah menetapkannya sebelumnya. Cara terbaik untuk mempersiapkan diri Anda menuju kesuksesan adalah dengan mengambil tujuan besar ini dan memecahnya menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil.

Sasaran-sasaran yang lebih kecil ini seharusnya lebih mudah dikelola dan dicapai. Misalnya, jika tujuan besar Anda adalah melunasi hutang pinjaman pelajar Anda, beberapa tujuan kecil Anda mungkin termasuk berupaya melunasi pinjaman dengan menggunakan metode debt snowball atau debt avalanche. 

Saat Anda mencapai setiap tujuan yang lebih kecil, Anda dapat mencoretnya dari daftar dan merasa puas mengetahui bahwa Anda sedang dalam perjalanan untuk mencapai tujuan besar Anda.

4. Selesaikan Satu Tugas Berorientasi Tujuan Setiap Hari

Setelah mengambil tujuan besar dan memecahnya menjadi tujuan-tujuan kecil, inilah waktunya untuk mencapai masing-masing tujuan kecil tersebut. Kiyosaki merekomendasikan untuk menyelesaikan satu tugas setiap hari yang dapat menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan akhir Anda.

Baca Juga: Robert Kiyosaki: Beli Bitcoin Sekarang, Sebelum Pasar Ambruk




TERBARU

[X]
×