kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Robert Kiyosaki Sebut Bank Sentral Tak Bisa Perbaiki Inflasi, Ini 3 Aset Pilihannya


Selasa, 01 November 2022 / 05:16 WIB
Robert Kiyosaki Sebut Bank Sentral Tak Bisa Perbaiki Inflasi, Ini 3 Aset Pilihannya
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki mengeluarkan peringatan bahwa Bank Sentral tak bisa memperbaiki inflasi.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank of England baru-baru ini membeli obligasi pemerintah Inggris senilai £ 19,3 miliar untuk mencegah runtuhnya industri dana pensiun negara itu.

Melansir Financial Post, di mata penulis Rich Dad, Poor Dad Robert Kiyosaki, hal itu pertanda untuk memperoleh tiga aset alternatif tertentu.

“Strategi yang diambil Bank of England ini berarti membeli lebih banyak GSBC,” katanya dalam tweet baru-baru ini, yang mengacu pada emas, perak, dan bitcoin.

Dia menambahkan, “Ketika dana pensiun hampir runtuh, Bank Sentral tidak dapat memperbaikinya…INFLASI. Pensiun selalu berinvestasi di G&S. Dana pensiun sekarang berinvestasi di Bitcoin. Mereka tahu $ Palsu, saham & obligasi adalah roti panggang.”

Tentu saja, emas, perak, dan bitcoin bukanlah investasi yang sempurna.

Baca Juga: Ekonom Bank Permata Prediksi Inflasi di Oktober 2022 Melandai

Berikut penjelasan lebih jauh mengenai tiga aset tersebut dan apa yang Kiyosaki sarankan untuk mengatasi keterbatasannya:

1. Emas dan perak

Logam mulia – terutama emas dan perak – telah menjadi lindung nilai populer terhadap inflasi dan ketidakpastian. Mereka tidak dapat dicetak begitu saja seperti uang kertas dan nilainya sebagian besar tidak terpengaruh oleh peristiwa ekonomi di seluruh dunia.

Kiyosaki telah lama menjadi penggemar emas — dia pertama kali membeli logam kuning pada tahun 1972.

"Saya tidak membeli emas karena saya suka emas, saya membeli emas karena saya tidak mempercayai The Fed," katanya dalam sebuah wawancara tahun lalu.

Baca Juga: Resesi Sudah di Depan Mata, Para Bankir Ekstra Waspada

Kiyosaki juga menyukai perak. Faktanya, dia baru-baru ini menuliskan tweet “Investasi terbaik untuk perak pada Oktober 2022” dan “Semua orang dapat membeli perak US$ 20.”

Yang pasti, logam mulia tidak kebal terhadap aksi jual yang terjadi tahun ini. Harga emas sebenarnya turun sekitar 9% pada tahun 2022, sementara perak telah turun hampir 20%.

Meskipun ada banyak cara untuk mendapatkan eksposur emas dan perak, Kiyosaki lebih memilih untuk membeli logamnya secara langsung. Awal tahun ini, dia men-tweet bahwa dia hanya menginginkan “koin emas atau perak asli” dan bukan ETF.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×