kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupert Murdoch Terseret Kasus Pencemaran Nama Baik Dominion dengan Tuntutan US$ 1,6 M


Rabu, 14 Desember 2022 / 11:34 WIB
Rupert Murdoch Terseret Kasus Pencemaran Nama Baik Dominion dengan Tuntutan US$ 1,6 M


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Chairman Fox Corp Rupert Murdoch akan diinterogasi di bawah sumpah pada hari Selasa dalam gugatan pencemaran nama baik atas liputan jaringannya tentang klaim kecurangan suara yang tidak berdasar selama pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 2020.

Perusahaan teknologi pemilu Dominion Voting Systems menuntut ganti rugi US$ 1,6 miliar dari Fox News Network, yang dituduh menyebarkan klaim palsu bahwa mesinnya digunakan untuk mencurangi pemilu 2020 melawan Donald Trump dari Partai Republik dan mendukung saingannya dari Demokrat, Joe Biden.

Fox berpendapat bahwa mereka memiliki hak untuk melaporkan klaim manipulasi suara Trump dan bahwa gugatan Dominion akan menghambat kebebasan pers. Seorang hakim menolak tawaran jaringan untuk membatalkan kasus tersebut pada Desember 2021. Seorang juru bicara Fox menolak berkomentar.

"Dari level tertinggi ke bawah, Fox dengan sengaja menyebarkan kebohongan," kata Dominion dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Elon Musk Memperpanjang Daftar Merger dan Akuisisi Jumbo

Murdoch, 91 tahun, adalah tokoh paling terkenal yang menghadapi interogasi dalam kasus tersebut, yang merupakan bagian dari kampanye hukum multi-front oleh Dominion melawan Fox dan media konservatif lainnya serta komentator yang menuduh perusahaan tersebut berkonspirasi untuk menggulingkan Trump.

Deposisi datang ketika komite khusus dewan direksi untuk News Corp (NWSA.O) dan Fox Corp yang dikendalikan Murdoch mempertimbangkan proposal dari Murdoch untuk bergabung kembali, hampir satu dekade setelah perusahaan berpisah.

Murdoch akan diinterogasi melalui konferensi video pada Selasa dan Rabu oleh pengacara Dominion, menurut pengajuan di Pengadilan Tinggi Delaware. Sidang tidak akan terbuka untuk umum.

Dominion juga telah meminta komunikasi dari Murdoch, putranya Lachlan Murdoch, dan personel Fox News lainnya untuk membuktikan bahwa jaringan tersebut mengetahui bahwa pernyataan yang ditayangkannya salah atau secara sembrono mengabaikan keakuratannya. 

Itulah standar “kebencian yang sebenarnya”, yang harus dibuktikan oleh tokoh masyarakat agar menang dalam kasus pencemaran nama baik.

Baca Juga: Kekayaan 500 miliarder dunia melonjak 25% sepanjang 2019, siapa saja mereka?

Doug Mirell, seorang pengacara pencemaran nama baik yang telah mengikuti litigasi, mengatakan dia yakin Dominion memiliki kasus "kedap udara" untuk kejahatan yang sebenarnya karena pembawa acara Fox mendesak maju dengan tuduhan kecurangan suara "setelah cukup jelas bahwa klaim ini terbukti salah. ."

Dominion menuduh dalam gugatan Maret 2021 bahwa Fox memperkuat teori palsu untuk meningkatkan peringkatnya dan tetap mengikuti pesaing sayap kanan termasuk One America News Network, yang juga dituntut Dominion. 




TERBARU

[X]
×