Rusia: Kami Pasti Bantu Rakyat Ukraina untuk Singkirkan Rezim Zelenskyy

Senin, 25 Juli 2022 | 23:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Rusia: Kami Pasti Bantu Rakyat Ukraina untuk Singkirkan Rezim Zelenskyy

KONTAN.CO.ID - KAIRO. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, tujuan akhir Moskow di Ukraina adalah untuk menggulingkan Pemerintahan Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Lavrov membuat pernyataan itu saat pertemuan puncak Liga Arab di Kairo, Mesir, pada Minggu (24/7). Menurutnya, Rusia bertekad untuk membantu Ukraina "membebaskan diri dari beban rezim yang benar-benar tidak bisa diterima".

Dia juga mengatakan, Kyiv dan sekutu Baratnya menyebarkan propaganda yang dimaksudkan untuk memastikan Ukraina "menjadi musuh abadi Rusia".

Baca Juga: Rusia Pastikan, Serangan Rudal di Pelabuhan Odesa Ukraina Tak Gagalkan Ekspor Gandum

"Rakyat Rusia dan Ukraina akan terus hidup bersama, kami pasti akan membantu rakyat Ukraina untuk menyingkirkan rezim, yang benar-benar anti-rakyat dan anti-historis," tegas Lavrov, seperti dikutip Al Jazeera.

Pernyataan Lavrov kontras dengan posisi yang Kremlin nyatakan pada hari-hari setelah invasi 24 Februari, ketika para pejabat Rusia meyatakan, mereka berusaha untuk "mendenazifikasi" dan "mendemilitarisasi" Ukraina.

Lavrov mengungkapkan, Rusia sebetulnya siap untuk merundingkan diakhirinya pertempuran pada Maret lalu, tetapi Barat mendorong Ukraina untuk terus berperang.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru