kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia: Kehadiran NATO bisa mengacaukan stabilitas kawasan Baltik


Minggu, 31 Oktober 2021 / 07:10 WIB
Rusia: Kehadiran NATO bisa mengacaukan stabilitas kawasan Baltik


Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Rusia kembali menyoroti kehadiran kekuatan NATO di sekitar negaranya, terutama kawasan Baltik. Lapangan terbang militer Latvia yang beroperasi kembali dianggap jadi permulaan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, melihat pembangunan kekuatan NATO di kawasan Baltik bisa mengacaukan situasi militer dan politik di kawasan itu. Atas dasar itu, Rusia masih terus mengupayakan de-eskalasi.

Berbicara pada hari Rabu (27/10), Zakharova menyoroti beroperasinya lapangan terbang militer Lielvarde di Latvia setelah pembangunan kembali.

Baca Juga: Putin mengakui militer Ukraina yang didukung NATO bisa mengancam Rusia

Berdasarkan laporan media, Zakharova mengungkap bahwa pangkalan udara Latvia dilengkapi dengan peralatan navigasi udara modern dan mampu menerima pesawat generasi terbaru setiap saat, siang dan malam terlepas dari kondisi cuaca

"Kami yakin bahwa peningkatan potensi NATO di negara-negara Baltik dapat mengacaukan situasi militer dan politik di kawasan Baltik. Pada saat yang sama," ungkap Zakharova, seperti dikutip TASS.

Melihat kenyataan tersebut, Zakharova menilai bahwa pernyataan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg yang mengklaim bahwa langkah-langkah ini bersifat defensif tampak tidak tulus.

Bukan cuma itu, ia juga menyoroti kunjungan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Brussels yang seperti menegaskan upaya bloknya untuk melawan Rusia.

"Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin yang mengunjungi markas aliansi di Brussels baru-baru ini tidak menyembunyikan bahwa 'mencegah Rusia' adalah salah satu tugas prioritas blok tersebut," lanjut Zakharova.

Ancaman NATO juga disadari betul oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mengakui pengembangan militer Ukraina, yang didukung negara Barat, bisa mengancam Rusia.

Baca Juga: Jepang melaporkan kehadiran 5 kapal Angkatan Laut Rusia di Laut Jepang




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×