kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Murka, Tuduh Ukraina Lakukan Sabotase Pemilu di Negaranya


Minggu, 17 Maret 2024 / 05:41 WIB
Rusia Murka, Tuduh Ukraina Lakukan Sabotase Pemilu di Negaranya
ILUSTRASI. A girl plays as her mother fills out her ballots at a polling station on the last day of three-day long parliamentary elections in Stavropol, Russia September 19, 2021. REUTERS/Eduard Korniyenko


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - MOSKOW - Pemerintah Rusia pada Sabtu menuduh Ukraina telah menggunakan "kegiatan teroris" untuk mencoba mengganggu pemilihan presiden Rusia. Bahkan mantan Presiden Dmitry Medvedev mencela para pengunjuk rasa yang tersebar yang mencoba membakar tempat pemungutan suara dan melakukan demonstrasi sebagai "pengkhianat". pewarna ke dalam kotak suara.

Perang di Ukraina telah membayangi pemungutan suara dalam pemilu, yang pasti akan memberi Presiden Vladimir Putin enam tahun lagi di Kremlin, namun diwarnai dengan aksi protes sporadis.

Pada hari kedua dari tiga hari pemungutan suara, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Kyiv telah "mengintensifkan aktivitas terorisnya" sehubungan dengan pemilu tersebut "untuk menunjukkan aktivitasnya kepada negara-negara Barat dan untuk meminta lebih banyak bantuan keuangan dan senjata mematikan".

Dikatakan bahwa dalam salah satu insiden tersebut, sebuah pesawat tak berawak Ukraina menjatuhkan bom di tempat pemungutan suara di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina yang dikuasai Rusia.

Kantor berita TASS yang dikelola pemerintah mengutip seorang pejabat pemilu lokal yang melaporkan tidak ada kerusakan atau cedera ketika alat peledak itu mendarat lima atau enam meter (yard) dari sebuah gedung yang menampung tempat pemungutan suara sebelum dibuka di sebuah desa sekitar 20 km (12 mil). ) sebelah timur kota Enerhodar.

Reuters tidak dapat memverifikasi insiden tersebut secara independen.

Baca Juga: Putin Disebut Perintahkan Menhan Rusia Setop Serangan Ukraina dalam Waktu Satu Bulan

Belum ada komentar langsung dari para pejabat di Ukraina, yang menganggap pemilu yang berlangsung di wilayah yang dikuasai Rusia itu ilegal dan tidak sah.

Sementara itu, Ketua KPU Ella Pamfilova mengatakan, dalam dua hari pertama pencoblosan, telah terjadi 20 insiden warga yang mencoba merusak lembar suara dengan menuangkan berbagai cairan ke dalam kotak suara, serta delapan kasus percobaan pembakaran dan satu tembakan. bom asap.

Mengomentari insiden tersebut, Medvedev mengatakan mereka yang bertanggung jawab dapat menghadapi hukuman makar selama 20 tahun.

“Ini adalah bantuan langsung kepada orang-orang yang merosot yang menyerang kota-kota kita hari ini,” tulisnya di media sosial, mengacu pada serangan di Ukraina.

Pada hari terakhir pemungutan suara pada hari Minggu, para pendukung mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny menyerukan masyarakat untuk hadir secara massal pada siang hari dalam protes terhadap Putin di masing-masing dari 11 zona waktu negara tersebut.

Baca Juga: Rusia: Upaya Perdamaian Ukraina Tidak Ada Gunanya

SERANGAN UKRAINA

Media Rusia mengutip juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang mengatakan Putin telah menerima laporan militer dalam beberapa hari terakhir mengenai upaya untuk menyerang wilayah Rusia di wilayah perbatasan Belgorod dan Kursk, termasuk beberapa upaya serangan dalam semalam.

"Semua serangan berhasil digagalkan," kantor berita Interfax mengutip pernyataannya.

Serangan rudal Ukraina menewaskan dua orang, dan serangan drone terpisah membakar kilang minyak pada hari Sabtu.

Di wilayah Belgorod di mana serangan lintas batas dari Ukraina telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, Gubernur Vyacheslav Gladkov melaporkan kematian seorang pria dan seorang wanita, dan di kemudian hari, satu orang cedera, setelah ia mengatakan bahwa pertahanan Rusia menembak jatuh 15 roket di wilayah tersebut. pendekatan mereka terhadap ibu kota daerah.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tentara Bayaran Asing yang Bertempur di Ukraina 10 dari Indonesia

Video yang diperoleh Reuters menunjukkan api berkobar dan sirene serangan udara terdengar di jalanan kosong kota Belgorod.

Dmitry Azarov, gubernur wilayah Samara 850 km (530 mil) tenggara Moskow, mengatakan kilang Syzran terbakar tetapi serangan terhadap kilang kedua berhasil digagalkan.

Api dapat dikendalikan beberapa jam kemudian, kata para pejabat, namun insiden tersebut menyoroti kemampuan Ukraina untuk menyerang ratusan mil (km) di dalam wilayah Rusia untuk menargetkan industri energinya. Dua kilang besar lainnya dibakar awal pekan ini akibat serangan pesawat tak berawak yang menghentikan setengah atau lebih produksi mereka.

Gladkov dari wilayah Belgorod mengatakan, mengingat "situasi saat ini", sekolah-sekolah di sebagian besar wilayah tersebut akan tutup pada hari Senin dan Selasa, dan pusat perbelanjaan di kota Belgorod akan ditutup pada hari Minggu dan Senin.

Rusia melancarkan serangan paling mematikan dalam beberapa minggu pada hari Jumat ketika rudalnya menghantam daerah perumahan di kota pelabuhan Odesa di Laut Hitam Ukraina, menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lebih dari 70 orang.

DOMINASI PUTIN

Kekuasaan Putin tidak terancam dalam pemilu. Berusia 71 tahun dan menjabat sebagai presiden atau perdana menteri sejak hari terakhir tahun 1999, ia mendominasi lanskap politik Rusia.

Tak satu pun dari tiga kandidat lainnya di surat suara – veteran Komunis Nikolai Kharitonov, nasionalis Leonid Slutsky atau Vladislav Davankov, wakil ketua majelis rendah parlemen – telah mengajukan tantangan yang kredibel.

Jumlah pemilih secara keseluruhan – sebuah indikator penting bagi Putin ketika ia berupaya menunjukkan bahwa seluruh negara mendukungnya – naik di atas 58% pada hari kedua pemungutan suara.

Angka tersebut di wilayah Belgorod lebih dari 76%. Jumlah pemilih juga tinggi di wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia.

Pamfilova, pejabat tinggi pemilu, mengatakan bahwa orang yang mencoba mengganggu pemungutan suara adalah "bajingan" dan bisa menghadapi hukuman lima tahun penjara. Dia mengatakan, tanpa memberikan bukti, bahwa intelijen Ukraina dan "kaki tangan dan penanganannya" - sebuah referensi.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×