kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia serahkan data radar pesawat MH17


Kamis, 27 Oktober 2016 / 23:30 WIB
Rusia serahkan data radar pesawat MH17


Sumber: Kompas.com | Editor: Rizki Caturini

MOSKOW. Rusia telah menyerahkan data radar ke Belanda yang diambil dari lokasi jatuhnya pesawat MH17 milik Malaysia Airlines akibat ditembak pemberontak di Ukraina timur pada 2014.

Otoritas terkait di Moskow mengonfirmasi berita itu pada Kamis (27/10), seperti dilaporkan oleh Agence France-Presse, Kamis malam.

"Kami memberi Belanda data radar mentah yang kami temukan bulan lalu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Dia berbicara setelah Menteri Kehakiman Belanda, Ard van der Steur, mengatakan kepada parlemen pada Rabu (26/10) bahwa jaksa Rusia telah menyerahkan "paket informasi" ke Kedutaan Belanda di Moskow.

Steur mengatakan, dia tidak bisa memberikan keterangan secara rinci karena isi “paket informasi” itu masih perlu dianalisa untuk mengetahui apakah data itu berguna untuk membantu proses penyelidikan.

Kementerian Pertahanan Rusia pada akhir September lalu merilis apa yang diklaim sebagai gambar radar baru. Dari data radar itu tidak menunjukkan ada rudal yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak separatis Ukraina timur ke arah pesawat MH17 pada Juli 2014.

Penjelasan Rusia itu bertentangan beberapa deklarasi atau pernyataan yang diberikan sebelumnya. Kementerian itu merilis gambar kepada wartawan dua hari sebelum tim internasional Belanda yang dipimpin penyidik pidana merilis temuan awal pada 28 September lalu tentang ke jatuhnya MH17.

Tim penyidik Belanda itu menemukan adanya dugaan bahwa rudal yang ditembakkan oleh pemberontak pro-Moskow itu diangkut dari Rusia.

Ukraina dan Barat bersikeras, kelompok separatis pro-Rusia telah menembakkan roket ke pesawat MH17 dengan rudal buatan Rusia yang diberikan Moskow kepada pemberontak.

Atas tragedi itu Uni Eropa menjatuhkan sanksi lebih keras terhadap Rusia, yang dituding sebagai negara utama pendukung munculnya pemberontak di Ukraina timur.

Namun, Moskow dan pemberontak Ukraina timur telah secara konsisten membantah terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat Malaysia itu dengan balik menyalahkan pasukan Ukraina.

Pada peristiwa Juli 2014 lalu, kecelakaan tersebut menewaskan semua 298 orang di dalam pesawat Boeing 777,

(Pascal S)


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×