kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Serang Pelabuhan dan Fasilitas Gandum Ukraina


Selasa, 26 September 2023 / 17:22 WIB
Rusia Serang Pelabuhan dan Fasilitas Gandum Ukraina
ILUSTRASI. Sejumlah anak bermain di depan gedung yang rusak ditengah konflik Rusia-Ukraina, di kota pelabuhan yang terkepung Mariupol, Ukraina, Rabu (23/3/2022). Rusia Serang Pelabuhan dan Fasilitas Gandum Ukraina.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  KYIV. Rusia melancarkan serangan terhadap infrastruktur pelabuhan Ukraina dan fasilitas penyimpanan biji-bijian dengan menggunakan pesawat tanpa awak di distrik Izmail, kawasan pengekspor biji-bijian. Hal tersebut diungkapkan oleh pejabat Ukraina pada hari Selasa.

Gubernur wilayah selatan Odesa, Oleh Kiper, yang wilayahnya mencakup pelabuhan Izmail dan Reni di Sungai Danube, menyatakan bahwa sebuah pos pemeriksaan perbatasan, fasilitas penyimpanan, serta lebih dari 30 kendaraan truk dan mobil mengalami kerusakan akibat serangan tersebut. Selain itu, dua orang dilaporkan terluka.

Militer Ukraina menyatakan kegiatan di pos pemeriksaan internasional sementara dihentikan, dan rute kendaraan dialihkan. Dinas Perbatasan Ukraina mengidentifikasi titik perlintasan tersebut sebagai Orlivka, yang berbatasan dengan Rumania.

Baca Juga: Ukraina Klaim Komandan Armada Laut Hitam Rusia Terbunuh, Begini Reaksi Moskow

Serangan yang berlangsung selama dua jam ini merupakan tindak lanjut dari serangan-serangan terhadap fasilitas gandum dan pelabuhan Ukraina yang terjadi sejak Juli.

Saat itu, Rusia memutuskan untuk mundur dari perjanjian gandum yang sebelumnya menjamin keamanan pengiriman gandum Ukraina melalui Laut Hitam untuk mendukung penanganan krisis pangan global.

Ukraina, sebagai salah satu produsen dan eksportir biji-bijian terbesar di dunia, telah meningkatkan volume ekspornya melalui Sungai Donau. “Musuh menyerang infrastruktur pelabuhan dan perbatasan di Sungai Donau,” ungkap kantor kejaksaan umum, yang juga merilis foto-foto dari gudang gandum yang rusak parah dan truk-truk yang hangus terbakar. 

Baca Juga: Perlambatan Ekonomi Global Pengaruhi Bisnis Ban Bridgestone Tire Indonesia

“Dua pengemudi truk mengalami luka akibat serangan tersebut. Lumbung, gedung administrasi, serta kendaraan pengangkut barang mengalami kerusakan.”

Dilaporkan bahwa 26 dari 38 drone yang dibuat oleh Iran dan diluncurkan oleh Rusia ke Ukraina telah berhasil ditembak jatuh.

Wilayah Lain yang Diserang

Selain wilayah Odesa, wilayah Mykolaiv, Kherson, dan Kirovohrad juga mengalami serangan. Serangan rudal Rusia merusak sebuah perusahaan di kota Kryvyi Rih bagian selatan. 

Sementara itu, Gubernur wilayah Cherkasy mengabarkan bahwa sebuah fasilitas infrastruktur di wilayahnya juga terkena serangan, meskipun tidak dijelaskan secara rinci.

Baca Juga: Jet Tempur F-16 Singapura Terima Sederet Peningkatan Kemampuan Canggih

Hingga kini, belum ada laporan mengenai korban jiwa dari serangan tersebut. Ini merupakan salah satu dari serangkaian serangan yang dilakukan oleh Rusia sejak memulai invasi ke Ukraina 19 bulan yang lalu.

Kyiv memberikan respons dengan meningkatkan serangan di wilayah Rusia serta Krimea yang dikuasai Rusia. Mereka juga melakukan serangan balasan yang diklaim berhasil mengambil alih beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Rusia di Ukraina bagian selatan dan timur.

Gubernur wilayah Kursk di Rusia melaporkan pemadaman listrik di tujuh daerah akibat serangan baru-baru ini. Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi bahwa sebuah drone berhasil dihancurkan di wilayah Kursk pada pukul 05.30 waktu setempat.

Reuters belum dapat memverifikasi laporan dari kedua belah pihak secara independen.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×