kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia: Vaksin virus corona Sputnik V tersedia di pasar akhir Oktober


Selasa, 06 Oktober 2020 / 12:40 WIB
Rusia: Vaksin virus corona Sputnik V tersedia di pasar akhir Oktober
ILUSTRASI. Seorang perawat mempersiapkan vaksin Rusia Sputnik V untuk virus corona dalam tahap uji coba di sebuah klinik di Moskow, Rusia, Kamis (17/9/2020).


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada Senin (5/10) mengatakan, vaksin virus corona baru Sputnik V bakal tersedia di pasar pada akhir Oktober atau awal November nanti.

"Dua perusahaan besar lagi saat ini sedang mengadaptasi teknologinya untuk produksi vaksin. Jadi, rencananya akan dipasarkan pada akhir Oktober atau awal November," katanya seperti dikutip TASS.

Pada 11 Agustus lalu, Rusia mendaftarkan vaksin pertama di dunia untuk melawan virus corona baru. Meski begitu, Sputnik V masih menjalani uji klinis tahap III atau akhir terhadap ribuan orang.

Sputnik V dikembangkan oleh Pusat Penelitian Nasional untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya. Mereka mengembangkan Sputnik V pada platform yang telah digunakan untuk sejumlah vaksin lainnya. 

Baca Juga: Harga vaksin Sinovac Bio Farma Rp 200 ribu per dosis, sasar 185,95 juta orang

Menurut Kementerian Kesehatan Rusia, vaksin virus corona tersebut telah membuktikan kemampuannya untuk membentuk kekebalan yang langgeng hingga dua tahun ke depan.

CEO Russian Direct Investment Fund (RDIF) Kirill Dmitriev sebelumnya menyebutkan, Rusia telah menerima pesanan untuk mengekspor satu miliar dosis vaksin Sputnik V dari 20 negara.

Selain Sputnik V, Rusia sedang mengembangkan vaksin virus corona lainnya bertajuk Vektor. Vaksin ini dikembangkan oleh Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Vektor. 

Rencananya, proses pendaftaran Vektor akan rampung pada 15 Oktober nanti.

Baca Juga: Jerman setujui uji coba ketiga kandidat vaksin Covid-19

"Setelah pendaftaran vaksin, pusat pelaksanaan uji coba pasca pendaftaran akan dipilih, dan 30.000 sukarelawan akan ambil bagian di dalamnya," kata Biro Federal untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia kepada TASS.

Uji coba pasca registrasi vaksin Vektor akan bergulir mulai November-Desember 2020.

Selanjutnya: Putin menyatakan niatnya untuk mendapat vaksinasi virus corona, kapan?




TERBARU

[X]
×