kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham China Tergelincir Setelah Pembatasan Covid-19 Kembali Diterapkan


Kamis, 10 November 2022 / 11:04 WIB
Saham China Tergelincir Setelah Pembatasan Covid-19 Kembali Diterapkan
ILUSTRASI. Pembatasan Covid-19 yang kembali diterapkan oleh pemerintah China membuat saham China tergelincir. REUTERS/Tyrone Siu


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pembatasan Covid-19 yang kembali diterapkan oleh pemerintah China membuat saham China tergelincir. Ditambah, pembukaan pembatasan belum pasti waktunya.

Mengutip Bloomberg Kamis (10/11), Indeks Hang Seng China Enterprises turun sebanyak 2,7% Kamis pagi setelah jatuh hampir 2% dalam dua sesi sebelumnya.

Tak hanya itu, Indeks saham teknologi China di Hong Kong kehilangan lebih dari 3%, dengan saham kelas berat Tencent Holdings Ltd. dan Alibaba Group Holding Ltd. meluncur menjelang pendapatan mereka minggu depan.

Baca Juga: Bursa Asia Kompak Melemah, Mengekor Penurunan Wall Street

Lonjakan pasar yang dimulai minggu lalu dengan desas-desus liar tentang potensi keluarnya China dari kebijakan nol Covid memudar karena pejabat kesehatan tetap berpegang pada kebijakan ketat di tengah meningkatnya kasus virus. 

Aksi jual juga merupakan bagian dari risiko global, karena mata uang kripto merosot dan kehati-hatian meningkat sebelum laporan inflasi AS yang penting. Indeks Nasdaq Golden Dragon dari saham China yang terdaftar di AS jatuh hampir 7% semalam.

"Pasar dapat terus berombak karena investor menanggapi sinyal yang muncul tentang kebijakan dan arah ekonomi China." kata Vey-Sern Ling, direktur pelaksana di Union Bancaire Privee.

Pembangkit tenaga listrik manufaktur selatan Guangzhou memiliki wabah virus paling signifikan di China saat ini. Itu meningkatkan risiko tindakan yang lebih ketat dari pihak berwenang di pusat pabrik, rumah bagi banyak produsen garmen serta pembuat mobil seperti perusahaan EV XPeng Inc. juga hanya melewati perbatasan dari Hong Kong.

Baca Juga: Bursa Asia Naik Menunggu Hasil Pemilu Paruh Waktu AS dan Data Inflasi China

Saham XPeng anjlok lebih dari 10% dalam kerugian hari ketiga pada hari Kamis.

Pembukaan kembali China dipandang sebagai faktor terpenting bagi investor untuk berubah lebih positif di China, kata Winnie Wu, ahli strategi ekuitas China di BofA Securities, mengutip hasil survei pekan lalu. 

Sementara itu, sebagian besar pasar di Asia jatuh pada Kamis menjelang laporan inflasi AS, yang akan memberikan petunjuk tentang langkah pengetatan Federal Reserve. 
Penurunan dalam mata uang kripto semakin dalam, dengan Bitcoin jatuh ke level terendah dalam dua tahun, melemahkan sentimen di seluruh aset lainnya.

“Saya percaya sentimen lemah dari AS dan crypto menyebar ke Asia hari ini dengan penurunan regional yang luas,” kata Marvin Chen, ahli strategi Bloomberg Intelligence.

Ia memperkirakan volatilitas akan berlanjut sampai pihaknya mendapatkan katalis tentang arah kebijakan, yang mungkin akan datang saat perhatian beralih ke 2023.




TERBARU

[X]
×