kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sama-sama latihan perang di Laut China Selatan, China siap ladeni ancaman Amerika


Senin, 06 Juli 2020 / 14:02 WIB
Sama-sama latihan perang di Laut China Selatan, China siap ladeni ancaman Amerika
ILUSTRASI. Kapal induk Amerika Serikat. Sama-sama latihan perang di Laut China Selatan, Beijing siap ladeni ancaman AS. U.S. Navy/Mass Communication Specialist 2nd Class Z.A. Landers/Handout via REUTERSTPX IMAGES OF THE DAY. THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD P


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Media pemerintah China melaporkan bahwa Beijing siap menghadapi tantangan yang diberikan oleh Washington di Laut China Selatan. Hal ini mengemuka saat kedua kekuatan saling unjuk kekuatan dengan mengadakan latihan militer yang bertepatan di wilayah yang sama.

Dilansir dari South China Morning Post, Amerika Serikat telah mengirim dua kapal induk mereka yakni USS Ronald Reagan dan USS Nimitz, ke perairan yang disengketakan ini untuk latihan militer mulai Sabtu.

Baca Juga: China siaga! Muncul lagi wabah bubonic plague alias Kematian Hitam di Mongolia

Latihan ini adalah beberapa latihan terbesar Angkatan Laut AS dalam beberapa tahun terakhir.

Di sisi lain, China juga mengadakan latihan di wilayah yang sama. Jarang sekali ada latihan militer AS dan China yang terjadi di wilayah yang sama pada waktu yang bersamaan.

Langkah AS itu dilakukan beberapa hari setelah China memulai latihan di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan.

Laksamana Muda George Wikoff, komandan kelompok yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan mengatakan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk menunjukkan sinyal yang jelas kepada mitra dan sekutu bahwa AS berkomitmen untuk menjaga keamanan dan stabilitas regional.

Wikoff menolak untuk menentukan area di mana operator akan beroperasi. Dia mengatakan bahwa latihan-latihan terbaru AS ini bukanlah tanggapan bukan pada latihan China, meski ada peningkatan aktivitas militer Beijing di kawasan itu.

Baca Juga: Bersitegang dengan China, AS relokasi pembom B.52H yang bawa bom nuklir ke Guam

Sebelumnya pada bulan Juni, USS Nimitz melakukan latihan di Laut Filipina di luar Laut Cina Selatan, bersama dengan USS Theodore Roosevelt.

Wang Yunfei, seorang pensiunan perwira angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, mengatakan Beijing siap untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh AS.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×