kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Samsung Catat Pertumbuhan Laba Hingga 51% di Kuartal I-2022


Kamis, 28 April 2022 / 10:57 WIB
Samsung Catat Pertumbuhan Laba Hingga 51% di Kuartal I-2022
ILUSTRASI. Logo Samsung Electronics. REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Samsung Electronics Co Ltd membukukan kenaikan laba kuartalan 51% pada tiga bulan pertama tahun 2022. Hal tersebut didukung oleh permintaan pusat data yang kuat untuk chip memori margin tinggi, meskipun kekurangan komponen kemungkinan akan berlanjut di paruh kedua.

Pembuat chip memori dan smartphone top ini mengatakan permintaan untuk chip server diperkirakan akan relatif solid di paruh kedua, tetapi kecepatan di mana kekurangan komponen teratasi akan membutuhkan pemantauan terus-menerus.

"Sementara ketidakpastian terkait lingkungan makroekonomi dan masalah geopolitik kemungkinan akan berlanjut, perusahaan akan memprioritaskan peningkatan porsi proses lanjutan untuk komponen," ujar perusahaan dikutip dari Reuters, Kamis (28/4).

Baca Juga: Samsung dan UNDP Mengajak Enam Young Leaders Baru ke Program Global Goals

Laba operasional Samsung naik menjadi 14,1 triliun won setara US$ 11,1 miliar untuk kuartal yang berakhir 31 Maret, dari 9,38 triliun won setahun sebelumnya. Itu adalah laba kuartal pertama tertinggi sejak 2018, dan sejalan dengan perkiraan perusahaan awal bulan ini.

Laba di bisnis chip naik menjadi 8,45 triliun won, lebih dari dua kali lipat 3,36 triliun won setahun sebelumnya, didorong oleh rekor penjualan chip server di kuartal tersebut.

“Dalam bisnis chip non-memori Samsung, kenaikan harga model chip lama serta peningkatan hasil pada bisnis manufaktur kontrak chip mengangkat pendapatannya dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” kata para analis.

Laba operasional di bisnis seluler dan jaringan Samsung mencapai 3,8 triliun won pada kuartal pertama, turun dari 4,4 triliun won setahun sebelumnya.

Samsung menggenjot produksi seri Galaxy A mid-to-low-end pada kuartal tersebut untuk bersaing secara agresif di segmen tersebut, sambil meluncurkan seri Galaxy S22 andalannya. Ini meningkatkan pangsa pasar smartphone menjadi 24% selama periode tersebut dari 22% tahun sebelumnya, kata analis Canalys Sanyam Chaurasia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×